Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2023, 14:06 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Culinary Wedding Festival 2023 meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) berupa penyajian 62 jenis sup terbanyak pada pembukaannya di Sasana Kriya, TMII, Jumat (3/2/2023).

Pameran makanan pernikahan ini sempat mendaftarkan 65 jenis sup. Namun, setelah diverifikasi oleh MURI, tercatat sebanyak 62 jenis sup yang diterima.

"Total ada 62 jenis sup dari 65 sup khas beberapa provinsi di Indonesia yang terdaftar. MURI beri apresiasi sebagai rekor dengan kategori sajian sup dari resep khas daerah terbanyak," kata Triyono, customer relation manager MURI saat ditemui Kompas.com dalam acara tersebut.

Beberapa jenis sup yang masuk dalam rekor MURI ini adalah Sop Tunjang, Sop Kaki Kambing, Sop Kimlo, Sop Galantin, Sop Pengantin, Sop Rawon, Sop Ayam Kuning, dan Sop Bubur.

Aneka sup khas Indonesia ini dimasak oleh lebih dari 20 katering pernikahan dan anjungan daerah yang hadir di Culinary Wedding Festival 2023.

Baca juga:

 Culinary Wedding Festival 2023 meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) berupa penyajian 62 jenis sup terbanyak pada pembukaannya di Sasana Kriya, TMII, Jumat (322023). Kompas.com/Krisda Tiofani Culinary Wedding Festival 2023 meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) berupa penyajian 62 jenis sup terbanyak pada pembukaannya di Sasana Kriya, TMII, Jumat (322023).

Triyono mengatakan, puluhan sup ini tidak mewakili seluruh provinsi di Indonesia, tetapi ia memastikan bahwa ada perwakilan sup dari pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan dalam pencapaian ini.

Rekor 62 jenis sup terbanyak di Indonesia ini bersifat kumulatif. Menurut Triyono, sebelumnya, tidak ada rekor yang sama dalam kategori ini.

"Sesuai kategori MURI, sesuatu yang menyangkut hal superlatif terbanyak. Kali ini disajikan beragam sup dari berbagai daerah nusantara," tutur Triyono.

Pencapaian rekor MURI ini bisa kembali dipecahkan dengan syarat persentase jumlah jenis sup lebih banyak 10 persen dari yang sudah ada.

Culinary Wedding Festival 2023 sendiri digelar selama 3-5 Februari mulai pukul 09.00-21.00 WIB dengan menampilkan berbagai vendor pernikahan dari aneka bidang, seperti katering, busana, desain, hingga suvenir.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com