Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Buka Kedai Es Krim ala Pebisnis, Simak Sebelum Jualan

Kompas.com - 25/01/2023, 15:07 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berjualan es krim bisa menjadi peluang usaha baru di tengah tingginya tren minuman beku ini.

Kamu bisa membuka kedai es krim mandiri atau ikut waralaba. Pastikan untuk memerhatikan beberapa hal untuk membangun bisnis.

Sebagai bagian dari pendiri kedai es krim lokal The Unclee Dee, Hilmi Fabriansyah, business developmment manager, membagikan tiga tips membuka kedai es krim berikut ini.

1. Kenali jenis es krim yang dijual

Jenis es krim yang banyak dijual biasanya soft ice cream. Sebelum memulai bisnis, Hilmi menyarankan untuk mengenali karakteristik jenis es krim ini.

Hal tersebut terkait dengan bahan baku yang akan dipakai, mesin, kulkas, hingga freezer yang merupakan peralatan penting dalam bisnis es krim.

Sebab, berbeda dengan jenis hard ice cream, soft ice cream tidak bisa bertahan lama. Es krim ini harus habis dalam satu atau dua hari untuk menjaga kualitasnya.

Baca juga:

2. Pahami model bisnis

Model bisnis usaha ada banyak. Kamu bisa memilih bisnis mandiri atau waralaba terpusat dengan bergabung menjadi mitra perusahaan.

Model bisnis apa pun harus diperhatikan. Jika berdiri sendiri, ketahui kebutuhan dan bagaimana operasional kedai es krim akan berjalan.

Jika bergabung sebagai mitra waralaba, kamu bisa memelajari kebutuhan modal dan seperti apa pembagian keuntungannya.

3. Belajar pemasaran 

Waffle Talk The Uncle Dee IceKOMPAS.com/Miftahul Rizky Waffle Talk The Uncle Dee Ice

Menurut Hilmi, penting untuk terus belajar mengenai hal baru, baik ebelum maupun saat menjalani bisnis.

"Jangan terjebak sama kalimat 'rezeki ada yang atur' karena enggak sesantai itu. Ilmu itu penting, tetapi jangan dijadikan alasan untuk menunda bisnis juga karena terlalu lama belajar. Bisa sambil jalan," ungkap Hilmi saat ditemui Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Kamu bisa memelajari tren makanan dan minuman yang sedang berjalan, khususnya perkembangan es krim yang terkait dengan bisnis.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com