Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Es Krim Neapolitan, Es Krim Tiga Rasa yang Populer

Kompas.com - 23/06/2022, 12:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kamu mungkin tidak asing dengan es krim neapolitan. Es krim tiga rasa ini dibawa oleh imigran asal Italia ke Amerika. 

Di Italia, es krim ini disebut dengan spumone tetapi dalam penyajiannya es krim ini dihidangkan dengan buah kering dan kacang. Nama spumone berubah saat es krim ini dibawa ke Amerika. 

Baca juga:

Konon, es krim ini sudah ada sejak abad ke-19. Kalau kamu ingin berkreasi untuk membuat es krim neapolitan, kamu bisa ikuti resep es krim neapolitan seperti yang dilansir dari buku "40 Resep Masakan 3 Generasi" (2016) oleh Sufi S.Yahyono terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep es krim neapolitan

Bahan 

  • 1,5 liter susu segar
  • 450 gram gula pasir
  • 2 sdm maizena, cairkan dengan sedikit air
  • 4 butir kuning telur
  • 75 gram whipping cream bubuk 
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt esens stroberi + 1/3 pewarna merah, campur
  • 3 sdm cokelat bubuk, larutkan dengan 3 sdm air panas + 1/2 pasta cokelat, campur

Baca juga:

Cara membuat es krim neapolitan

  1. Tuang susu dan gula ke dalam panci bersih, masak hingga mendidih. Masukkan larutan maizena, aduk hingga adonan mengental dan matang, matikan api. 
  2. Tuang kuning telur dalam mangkuk besar, kocok dengan kecepatan rendah hingga lembut. Masukkan adonan susu maizena sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan hingga adonan lembut. Masukkan whipping cream bubuk, aduk hingga rata. 
  3. Siapkan tiga buah mangkuk, tuang dan bagi adonan. Beri esens stroberi, vanili, dan pewarna cokelat di masing-masing mangkuk. 
  4. Tutup wadah dengan plastik, bekukan dalam freezer selama kurang lebih 3-4 jam hingga beku. 
  5. Keluarkan dari freezer, pecah-pecahkan adonan yang sudah membeku, kocok hingga adonan es krim lembut, bekukan ke dalam freezer selama 3-4 jam. Keluarkan dari freezer, pecahkan adonan, kocok lembut lagi dan bekukan. Lakukan selama dua kali agar lembut. 

buku "40 Resep Masakan 3 Generasi" (2016) oleh Sufi S.Yahyono terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com