Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicipi Durian Montong Lhokseumawe, Wisata Kuliner di Aceh Utara

Kompas.com - 21/12/2022, 11:36 WIB
Masriadi ,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Para penikmat durian kini bisa mencicipi durian montong yang dijual di Desa Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh. Durian ini dihargai Rp 50.000 per kilogram lengkap dengan kulitnya.

Durian itu dibeli dari kebun petani, Tarmizi, di Kawasan Kilometer Delapan, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara. Di lokasi itu, hanya dijual durian saja.

“Setiap hari dibawa dari kebun kemari. Jadi, kalau beli di kebun itu jauh lebih murah Rp 10.000,” sebut Fani, pedagang durian itu, Minggu (19/12/2022) malam.

Kebun ini sekitar satu jam berkendara jalan darat dari Kota Lhokseumawe.

Baca juga:

Rasa durian montong ini mirip durian kampung. Gurih, manis dan nikmat. Manisnya cenderung lebih natural. Tidak seperti pemanis buatan.

Dalam sehari, Fani bisa menjual 100 kilogram durian montong.

“Di sini satu-satunya lokasi untuk jualan durian montong,” sebutnya.

Pedagang durian montong di Desa Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Sabtu (19/12/2022) malam. Durian ini dibandrol Rp 50.000 per kilogram lengkap dengan kulitnya.KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Pedagang durian montong di Desa Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Sabtu (19/12/2022) malam. Durian ini dibandrol Rp 50.000 per kilogram lengkap dengan kulitnya.

Dalam sebutir, durian itu paling kecil dengan berat dua kilogram. Bahkan ada juga yang lima hingga tujuh kilogram. Untuk memastikan rasa, Fani bersedia mencungkil durian itu. 

“Jika tawar, atau tidak matang, kita ganti,” katanya.

Secara umum, sambung Fani, durian montong nyaris tidak pernah tawar. Namun untuk memastikan pada pelanggan, dirinya bersedia mencungkil durian, lalu dirasa pembeli baru ditimbang.

Salah seorang pembeli, Nur Kemala, menyebutkan dirinya membeli durian itu karena lebih pasti kualitasnya.

Baca juga:

“Saya lebih suka montong dibanding musang king. Rasa montong lebih natural, lebih cocok di lidah. Karena mirip dengan durian kampung,” terangnya.

Nah, jika anda melintas di jalur Medan-Banda Aceh, maka lihatlah ke kiri jalan Desa Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Kios sederhana di sana akan diatur durian, itulah lokasi jualan durian montong satu-satunya di Kota Lhokseumawe. Selamat mencoba.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com