Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Dendeng Balado Kentang, Menu Masakan Rumahan yang Spesial

Kompas.com - 19/11/2022, 09:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak olahan daging sapi yang bisa kamu jadikan olahan spesial. Salah satunya, dendeng balado kentang yang cocok untuk lauk makan nasi putih. 

Siapkan daging padat yang diiris tipis kemudian diolah dengan bumbu dendeng dari balado pedas. Bikin kenikmatan makan di akhir pekan, jadi semakin lengkap. 

Simak cara memasak dendeng balado kentang dari buku "Another Cooking With Love- Secret Recipes By Icha Irawan" (2022) oleh Icha Irawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

Resep dendeng balado kentang 

Bahan 

  • 500 gram daging padat, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, memarkan 
  • 1 sdm garam 
  • 1 liter air

Bahan balado 

  • 2 sdm cabai giling kasar
  • 4 siung bawang merah, iris kasar
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • Jeruk nipis secukupnya
  • 2 buah kentang, iris tipis

Cara membuat dendeng balado kentang

  1. Rebus daging, iris tipis. Siapkan panci, masukkan daging, bawang putih, dan garam. Rebus daging sampai empuk, bisa dengan menggunakan panci presto. Angkat dan tiriskan. Pisahkan sekitar tiga sendok makan air sisa rebusan daging. 
  2. Pukul perlahan daging hingga menjadi tipis, jangan sampai hancur. Sisihkan. Goreng kentang yang sudah diiris, goreng sampai matang dan kekuningan. Goreng daging dengan api kecil sampai garing. Tiriskan. 
  3. Bumbu balado: Tumis bawang merah sampai wangi masukkan cabai giling, beri garam dan gula. Tambahkan tiga sendok makan air kaldu bekas rebusan daging. Beri perasan air jeruk nipis. Masak sambal sampai matang, mengeluarkan minyak merah. Koreksi rasa. 
  4. Biarkan bumbu balado menjadi lebih dingin setelah itu, campurkan dengan daging dan kentang. Biarkan hingga daging menjadi garing. 

Buku "Another Cooking With Love- Secret Recipes By Icha Irawan" (2022) oleh Icha Irawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com