Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Keinginan Koki untuk Tamu Restoran, Komplain Langsung daripada Lewat Online

Kompas.com - 13/09/2022, 18:08 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Koki ingin tamu restoran jujur tentang rasa makanan yang dipesan. Hal tersebut adalah salah satu dari keinginan koki bagi tamu restoran. 

Insider.com melakukan wawancara dengan beberapa koki profesional untuk mencari tahu apa yang seharusnya pelanggan mulai lakukan dan yang seharusnya berhenti dilakukan. 

Simak 10 keinginan koki untuk tamu restoran berikut. 

Baca juga:

1. Koki ingin pelanggan jujur tentang rasa makanan

Aleka Shunk, mantan koki dan pemilik Bite Sized Kitchen, mengatakan bahwa dirinya menghargai pelanggan yang jujur tentang rasa makanan.

"Saya akan senang saat mereka memberitahu saya jika mereka tidak menyukai makanannya, agar lain waktu Saya bisa mencoba membuatnya sesuai dengan selera pelanggan," kata Shunk.

2. Mencicipi makanan terlebih dahulu sebelum menambahkan bumbu lainnya

"Ketika pelanggan menerima makanan mereka, saya selalu memperhatikan jika mereka mengambil garam dan merica tanpa mencicipinya terlebih dahulu," kata Shunk.

Shunk mengeluh jika pelanggan menambahkan garam sebelum mencicipi makanan, sebab makanan bisa menjadi terlalu berbumbu dan koki akan disalahkan.

3. Tidak memasuki dapur

Shunk mengatakan, salah satu hal yang pasti dapat mengganggu seorang koki adalah ketika pelanggan memasuki dapur.

"Beberapa pelanggan muncul di dapur dan meminta sesuatu yang spesifik. Dapur belakang hanya untuk pramusaji dan koki, saya merasa seperti pelanggan menyerbu area kerja pribadi saya," kata Shunk.

Dia berharap sebaiknya pengunjung berkonsultasi dengan pelayan terlebih dahulu, bukan dengan koki.

Baca juga: Mengapa Etika Makan atau Table Manner Penting Saat Santap di Restoran?

4. Menjauh dari pintu masuk ketika sedang merokok

Chef Brian Howard dari Sparrow+Wolf di Las Vegas, Nevada, berharap pelanggan mematuhi larangan merokok dan memerhatikan sekitar saat merokok.

"Berhenti merokok di luar pintu restoran. Itu tidak sopan bagi tamu lain. Ketika pintu terbuka, bau asap akan masuk ke dalam  ruangan," kata Howard.

Bahkan kalau kamu makan di tempat yang diizinkan untuk merokok, lebih sopan untuk pindah ke tempat di mana asap tidak akan masuk ke ruang makan ketika pintu restoran terbuka.

Baca juga: 20 Etika Makan atau Table Manner, Ketahui Sebelum Datang ke Jamuan Resmi

5. Lebih baik komplain langsung daripada melalui ulasan online

ilustrasi tamu restoran fine dining yang berpakaian rapi. SHUTTERSTOCK/VGstockstudio ilustrasi tamu restoran fine dining yang berpakaian rapi.

Michael Fiorelli, koki eksekutif di Olivetta di Hollywood Barat, California, mengatakan ia akan senang jika lebih banyak pelanggan memberi komplain secara langsung daripada melalui ulasan online.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com