Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Bersihkan Karat dari Pisau Dapur, Pakai Kentang dan Lemon

Kompas.com - 22/07/2022, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada cara membersihkan pisau agar tidak rusak atau menjadi berkarat di rumah. Seperti yang kita tahu, pisau merupakan peralatan masak yang punya fungsi penting. 

Namun, penggunaan yang salah bisa membuatnya jadi berkarat. Terutama, kalau pisau dapur di rumahmu bukan berbahan stainless steel

Ada lima cara menghilangkan karat pada pisau dapur yang dilansir dari beberapa sumber yang bisa kamu ikuti dengan bahan sederhana di rumah. 

Baca juga:

1. Bersihkan pisau dengan sabun cuci 

Dilansir dari laman MasterClass, cuci pisau dapur dengan sabun secukupnya. Gosok-gosokkan dengan spon dan bilas dengan air bersih. Kamu bisa mengeringkan pisau dengan tisu dapur atau kain lap kering yang bersih. 

2. Gunakan baking soda 

Kamu juga bisa menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan karat pada pisau dapur. Campurkan baking soda dengan air hingga teksturnya seperti pasta. 

Setelah itu, lumuri pisau dengan baking soda. Tunggu selama satu jam kemudian bilas. 

3. Gunakan cuka 

Masih dalam laman MasterClass yang sama, kamu juga bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan karat membandel pada pisau. Rendam pisau dengan cuka selama lima menit dan bilas hingga bersih. 

Ilustrasi memotong sayuran dengan pisau dapur. FREEPIK/SENIVPETRO Ilustrasi memotong sayuran dengan pisau dapur.

4. Gunakan kentang 

Dilansir dari laman The Kitchn, kentang punya kandungan asam oksalat yang bisa menghilangkan karat pada pisau. Gosok-gosokkan kentang pada pisau dan biarkan bilah pisau selama delapan sampai sepuluh jam.

Cuci dan keringkan pisau. Cara hilangkan karat pada pisau ini juga bisa dilakukan pada gunting.

5. Gunakan lemon

Air perasan lemon bisa digunakan untuk menghilangkan karat karena tingkat keasamannya. Isi gelas dengan air lemon dan masukkan pisau ke dalamnya.

Biarkan selama 10 hingga 15 menit, gosok perlahan hingga karat hilang. Kamu juga bisa memotong lemon menjadi dua bagian kemudian celupkan lemon ke garam.

Gosokkan ke permukaan pisau dapur yang tajam.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com