Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Bikin Tempe Mendoan Gurih dan Tidak Terlalu Lembek

Kompas.com - 07/05/2022, 10:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Selain digoreng langsung, tempe juga enak diolah dengan balutan tepung dan bumbu yang gurih. 

Salah satunya, tempe mendoan. Cara membuat tempe mendoan sebetulnya mudah. Hanya saja, kamu perlu mengetahui beberapa tips membuat agar matangnya pas atau tidak terlalu lembek dan adonan tepung matang. 

Dilansir dari berbagai sumber, simak rahasia bikin tempe mendoan enak berikut ini. 

Baca juga: Resep Tempe Mendoan, Gorengan Gurih yang Cocok Disantap Saat Hujan

1. Gunakan tempe khusus 

Dilansir dari buku "Gurih-Gurih Club Hits di Instagram - Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual" (2020) oleh Dhila Sina terbitan PT Gramedia Pustaka Utama menyarankan untuk menggunakan tempe khusus mendoan. 

Gunakan tempe yang berbentuk tipis dan dibungkus dengan daun pisang. Kalau pun tidak menemukan tempe tersebut, bisa menggunakan tempe biasa yang diiris tipis. 

Baca juga: 2 Jenis Tepung untuk Bikin Tempe Mendoan dan Perbandingannya yang Pas

2. Goreng sebentar 

Masih dalam buku yang sama, mendoan dalam bahasa Jawa berarti lembek atau setengah matang. Tempe mendoan hanya perlu digoreng sebentar dan tidak perlu sampai garing. 

Baca juga: Cara Iris Tempe Papan agar Tipis, Bekal Membuat Tempe Mendoan

3. Gunakan dua jenis tepung yang berbeda 

Menambahkan dari laman artikel Kompas.com yang tayang pada Sabtu (13/11/2021), Executive Sous Chef Hotel Tentrem Yogyakarta, Afifuddin menyarankan untuk menggunakan dua jenis tepung yang berbeda.

Gunakan tepung terigu dan tepung beras. Adonan basah yang digunakan untuk melapisi tempe mendoan harus dibuat menggunakan takaran bahan yang sesuai. 

"Jadi kalau tepung terigu itu 250 gram, nanti tepung berasnya itu 50 gram. Nanti ada unsur crunchy-nya, ada kriuk-kriuknya, jadi di tengah itu kan empuk tuh, nah di pinggirnya itu akan ada crunchy-crunchy-nya sedikit," ungkapnya Chef Afifuddin.

Baca juga: 5 Cara Membuat Tempe Mendoan Enak, Tips dari Koki dan Penjual

4. Iris tempe dari samping 

Kalau kamu tidak menemukan jenis tempe tipis, kamu bisa menggunakan tempe papan. Ada cara potong tempe papan untuk membuat tempe mendoan seperti yang disampaikan oleh Chef Afifuddin. 

Potong atau iris tempe dari samping agar hasilnya sama. Memotong tempe dari atas bisa membuat hasil potongannya tidak sama. 

Mengiris tempe dari samping juga bisa menjaga tekstur tempe agar tidak rusak. 

Baca juga: 3 Beda Tempe Mendoan Mentah dan Tempe Papan Biasa

5. Goreng dengan suhu minyak sedang-tinggi

Tempe mendoan memiliki tekstur yang cenderung lembek. Walau begitu, goreng tempe mendoan dengan suhu minyak sedang hingga tinggi. 

Pasalnya, kalau tempe digoreng dalam minyak yang tidak terlalu panas, hasilnya bisa berminyak. Oleh karena itu, perlu menyiapkan minyak goreng panas sebelum mencelupkan tempe. 

Baca juga: 4 Beda Mendoan dan Tempe Goreng Tepung, Bukan Cuma Cara Gorengnya

6. Balik tempe mendoan sekali saja 

Chef Afifuddin menyarankan untuk tidak perlu membolak-balik tempe. Masukkan tempe mendoan ke dalam minyak panas, balik dan angkat dalam beberapa menit. 

Buku "Gurih-Gurih Club Hits di Instagram - Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual" (2020) oleh Dhila Sina terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com