Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Oles Loyang Kue Kering, Bikin Kukis Cepat Apek

Kompas.com - 19/04/2022, 20:08 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Loyang umumnya dijadikan media untuk memanggang aneka makanan. Salah satunya kue kering.

Sebelum menyusun adonan kue kering di atasnya, beberapa orang kerap mengoles loyang menggunakan margarin agar tidak lengket.

Olesan margarin dan tepung memang dapat mencegah makanan menempel di loyang. Namun, menurut Chef de Partie Pastry & Bakery The Jayakarta Bandung Lucky Nugraha, hal ini tidak berlaku pada kue kering.

"Seharusnya gak perlu tuh kalau mau memanggang kukis loyangnya diolesin dulu sama margarin," kata Lucky saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/4/2022).

Menurutnya, kue kering sudah mengandung lemak dalam jumlah cukup banyak, baik itu mentega atau margarin.

"Kalau loyangnya diolesin (margarin) dulu, nanti dia mengandung lebih banyak lemak dari seharusnya," ujar Lucky.

Kandungan lemak berlebih dalam kue kering membuat tekstur kudapan ini menjadi lembab. Itu sebabnya, Lucky menyarankan untuk meniriskan kukis bila terlanjur memanggangnya di atas loyang beroles margarin.

"Selain pakai cooling tray biar tiris si lemaknya, bisa ditaruh dulu di baking paper atau kertas roti biar meresap dulu," kata Lucky.

Baca juga:

Bikin cepat apek

Ilustrasi adonan kue kering sendok yang belum dipanggang. PIXABAY/ Aline Ponce Ilustrasi adonan kue kering sendok yang belum dipanggang.

Jika terlanjur menggunakan loyang beroles margarin, lalu kukis tidak ditiriskan dengan benar, kue kering yang dihasilkan bisa cepat apek.

"Kandungan lemak kan bisa bikin cepat apek, jadi mengurangi daya tahan si kukis itu sendiri karena basah," kata Lucky.

"Apalagi kalau pakai butter, lebih bau. Memang kalau pas dimakan dan dipanggang tercium enak tetapi kalau (kebanyakan), dia cenderung bikin apek," tambahnya.

Jika sudah ditiriskan hingga lemaknya berkurang, kue kering baru aman dimasukkan stoples dan ditutup rapat agar tidak apek dan tahan lama.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com