Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Gemblong, Jajan Tradisional dari Tepung Ketan?

Kompas.com - 14/03/2022, 16:11 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia punya banyak kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Selain makanan berat, ada pula jajan tradisional yang tersebar di banyak wilayah. 

Salah satu jajan tradisional khas Indonesia yang populer yaitu gemblong. Kue tradisional ini banyak ditemukan di Jawa Barat dan Jakarta. 

Tak heran jika masyarakat Sunda dan Betawi cukup familier dengan jajanan ini. 

Baca juga:

Ilustrasi gemblong goreng empuk. SHUTTERSTOCK/ Narsiskus Tedy Ilustrasi gemblong goreng empuk.

Lantas, sebetulnya apa itu gemblong? Berikut ulasan ringkasnya.

Apa itu gemblong?

Pemilik usaha Gemblongku, Andre Tanoto kepada Kompas.com (03/03/2022) menjelaskan bahwa gemblong adalah salah satu jajan pasar yang ada di Pulau Jawa. 

Meski begitu Andre tidak tahu pasti dari mana jajanan ini berasal. 

Gemblong terbuat dari tepung atau beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut. Bagian luarnya dilapisi dengan gula merah cair yang mengkristal setelah kering. 

"Jadi gemblong itu makanan atau jajanan pasar khas jawa, terbuatnya itu dari ketan, kelapa parut, sama gula aren. Kalau setahu saya sih begitu," ujar Andre. 

Baca juga:

Karena terbuat dari tepung ketan, gemblong memiliki tekstur liat dan empuk. Namun jika pembuatannya keliru gemblong pun akan keras. 

Cita rasa gemblong dominan manis karena dilapisi gula merah. Untuk adonannya sendiri sedikit gurih berkat penggunaan kelapa parutnya. 

Ilustrasi gemblong ketan di atas piring saji. SHUTTERSTOCK/ Edgunn Ilustrasi gemblong ketan di atas piring saji.

Lebih jauh, gemblong banyak ditemukan di sepanjang jalan Puncak, Jawa Barat. Tak jarang kue tradisional ini pun dibawa sebagai buah tangan. 

"Iya benar-benar gemblong biasanya di jalanan puncak, Bogor. Atau enggak biasanya di pasar tradisional," tutur Andre. 

Di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, maupun Yogyakarta, masyarakat lebih mengenai gemblong dengan nama kue getas. Selain itu, ada pula yang menyebutnya dengan sebutan kemplang.

Walau begitu keduanya jajan tradisional ini sebetulnya memiliki perbedaan. Namun dari segi rasa dan tekstur sebetulnya mirip. 

Baca juga:

Menambahkan dari artikel Kompas.com, cara membuat gemblong ketan sederhana saja. Cukup campur tepung ketan bersama kelapa parut, santan, dan sedikit garam. 

Kemudian bentuk menjadi adonan bulat lalu goreng sampai matang. Selanjutnya, lapisi adonan dengan gula merah atau aren yang sudah dicairkan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com