Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Olah Kacang Hijau untuk Topping Peyek, Jadi Tidak Keras

Kompas.com - 24/02/2022, 22:02 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Selain kacang tanah, kacang hijau pun dapat digunakan sebagai topping peyek. 

Sayangnya kacang hijau memiliki tekstur yang lebih keras daripada kacang tanah. Oleh sebab itu, penggunaannya untuk topping peyek pun berbeda. 

Baca juga:

Lantas, seperti apa cara mengolah kacang hijau untuk membuat peyek? Berikut penjelasan ringkasnya seperti diutarakan oleh Corporate Chef Parador Hotels, Gatot Susanto.

Ilustrasi kacang hijau.freepik.com/wirestock Ilustrasi kacang hijau.

 

1. Rendam semalaman

Kacang hijau yang akan digunakan sebagai topping peyek sebaiknya direndam dulu semalaman. Cara ini dapat membuatnya mekar dan empuk saat digoreng.   

"Kacang hijau itu rendam saja semalam, gapapa. Dia itu kalau sudah direndam akan mekar semuanya, digoreng cepat itu jadi empuk. Rata-rata sekitar satu malam sudah cukup rendamnya," tutur Gatot pada Rabu (23/02/2022). 

Baca juga:

2. Pilih kacang hijau yang bagus 

Penting untuk menggunakan kacang hijau yang bagus karena dapat memengaruhi rasa peyek. Menambahkan dari artikel Kompas.com saat membeli pastikan untuk memilih kacang hijau yang tidak bau apek atau kurang sedap. 

Sebab hal tersebut adalah tanda kacang hijau hampir busuk. Di samping itu, buang pula kacang hijau yang mengapung saat direndam karena berarti kualitasnya tidak bagus. 

Baca juga:

Ilustrasi peyek atau rempeyek kacang.Dok. Shutterstock/Maharani afifah Ilustrasi peyek atau rempeyek kacang.

3. Campur dengan adonan 

Setelah direndam dan dipilah kacang hijau dapat langsung dicampurkan ke dalam adonan peyek. Kemudian, kamu bisa menggorengnya seperti peyek kacang lainnya. 

Gatot menambahkan bahwa dibandingkan kacang hijau sebetulnya lebih gurih kacang tanah. Namun hal tersebut kembali lagi pada selera masing-masing. 

Baca juga:

Selain kacang tanah dan hijau, ada pula jenis lain yang bisa dipakai sebagai topping peyek. Jenis kacang tersebut yaitu kacang kedelai hitam kecil yang lokal. 

Menurut Gatot kacang tersebut dapat menghasilkan rasa yang tak kalah renyah daripada kacang tanah. 

"Kacang kedelai hitam yang kecil, yang lokal tapi bukan yang import. Dan itu bisa crispy kok, sama kayak kacang tanah dia juga bisa crispy," pungkasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com