Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Peyek agar Renyah dan Tidak Keras, Perhatikan Bahannya

Kompas.com - 24/02/2022, 20:06 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Peyek yang enak seharusnya renyah, gurih, dan tidak keras. Di samping itu, permukaannya juga tidak terlalu berminyak. 

Cara membuat peyek sebetulnya cukup sederhana, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar renyah tahan lama. Salah satunya dengan memperhatikan takaran bahannya.  

Baca juga:

 

Corporate Chef Parador Hotels, Gatot Susanto kepada Kompas.com menjelaskan cara membuat renyah agar renyah dan tidak keras. 

Tips ini bisa dipraktikkan olehmu yang baru belajar membuat peyek. 

1. Tepung beras harus lembut dan kering

Ilustrasi tepung beras ketan. SHUTTERSTOCK/HANDMADEPICTURES Ilustrasi tepung beras ketan.

Tepung beras yang digunakan untuk membuat peyek harus lembut dan kering.

Gatot mengatakan bahwa dalam pembuatan peyek tradisional biasanya memakai tepung dari beras giling. Saat menggilingnya pastikan sudah benar-benar halus agar peyek lebih renyah. 

"Itu tepung berasnya harus lembut dan kering. Kalau tradisional itu kan direndam, lalu ditumbuk, kemudian dijemur. Nah itu tumbukannya harus yang lembut. Itu pasti crispy, enggak keras," tutur Gatot pada Rabu (23/02/2022).

Baca juga:

 

Namun jika tak ingin repot kamu bisa memakai tepung beras yang dijual di supermarket. Jika memakai tepung beras jadi sebaiknya pilih yang masih bagus agar peyek tidak keras.

2. Gunakan santan kelapa segar

Santan merupakan bahan krusial yang harus digunakan saat membuat peyek. Sebab bahan ini dapat memberi rasa gurih dan membuat teksturnya lebih crispy. 

Gatot menyarankan untuk memakai santan perasan pertama agar peyek lebih gurih. Walau begitu kamu pun bisa memakai santan instan jika tak ada kelapa parutnya. 

"Iya santan kental, perasan pertama. Kan ada perasan kedua yang sudah lebih encer, nah itu baiknya perasan santan pertama," terangnya. 

Baca juga:

3. Wajib memakai telur 

Sama halnya dengan santan, telur pun wajib ditambahkan pada adonan peyek. Sebab bahan ini bisa membantu mengikat adonanannya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com