Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Penerapan Kebersihan oleh Penjual Makanan, Hindari Tifoid

Kompas.com - 12/11/2021, 17:09 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Demam tifoid merupakan penyakit infeksi saluran pencernaan yang dapat ditularkan melalui makanan.

Demam tifoid tidak datang begitu saja dari dalam makanan. Salah satu jenis foodborne disease (keracunan makanan) ini dapat muncul dan menular akibat bahan makanan yang terkontaminasi bakteri Salmonela typhi.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Suzy Maria Sp.PD, K-AI, bakteri penyebab demam tifoid bisa terdapat dalam semua makanan, baik makanan yang dibeli di luar rumah atau makanan yang dibuat sendiri di rumah.

"Tidak menjamin makanannya tidak terkontaminasi karena dalam tiap proses tahapan penyiapan makanan itu ada peluang makanannya terkontaminasi," tutur Suzy dalam acara Peluncuran Kampanye SantapAman oleh Sanofi Pasteur Indonesia, Kamis (11/11/2021).

Jad, menurutnya makanan dari restoran bintang lima atau yang di pinggir jala, semuanya berpotensi untuk terkontaminasi dan membawa penyakit.

Suzy mengatakan, diperlukan kesadaran untuk menjaga sanitasi dan higiene secara pribadi untuk mencegah penularan penyakit demam tifoid dari dalam makanan.

Khususnya, bagi para pelaku usaha makanan karena bisa berpotensi sebagai carrier typhi (penyebar bakteri).

"Paling fatal kalau dia terlibat dalam semua proses penanganan makanan," kata Suzy. 

Ia menyebutkan, di luar negeri rutin inspeksi terhadap orang yang bekerja di restoran untuk mengetahui orang tersebut adalahcarier typhi.

"Kemudian kalau seandainya ada yang sakit, cook handle atau siapapun yang terlibat di restoran tersebut, kalau dia sakit, dia harus libur," kata Suzy.

Koki sekaligus influencer, William Gozali menuturkan bahwa penjual makanan bisa mulai mencegah penyebaran Salmonela typhi dengan memilih bahan makanan terbaik untuk diolah dan dijual pada pelanggan.

"Selain memilih bahan baku lebih murah tetapi juga harus memikirkan bahwa apakah bahan baku ini kondisinya layak untuk dijadikan makanan yang dijual," ujar William.

Baca juga:

Pelaku usaha makanan juga dapat meningkatkan higiene guna mencegah penularan demam tifoid dengan memerhatikan suhu penyimpanan bahan makanan yang dipakai.

"Contohnya, daging ayam atau daging sapi jangan sampai ada di atas sayuran karena bisa terkontaminasi," jelas William.

Koki jebolan MasterChef Indonesia itu juga mengatakan bahwa pelaku usaha makanan harus memahami fungsi alat-alat masak dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com