Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2020, 19:33 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Membuat hidangan seafood mentah tak semudah kedengarannya.

Mungkin tak memerlukan proses pemasakan khusus, tapi kamu perlu melakukan hal-hal tertentu untuk memastikan seafood tak mengeluarkan bau amis ketika dimakan dalam keadaan mentah.

Baca juga: Bumbu yang Bisa Hilangkan Bau Amis Seafood, Bawang Putih sampai Kecap

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mengolah seafood khususnya ikan untuk disajikan dalam keadaan mentah.

Executive Chef Four Points by Sheraton Makassar, Chef Suwanta mengatakan bahwa hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan bahan yang masih segar.

“Pilih ikan yang memang fresh dan kualitasnya masih bagus. Bisa dilihat dari tekstur ikan yang masih padat dan kenyal. Bola matanya juga masih fresh, serta dari bau ikan tersebut,” ujar Chef Suwanta pada Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Pastikan pula kamu sudah mencuci bersih seafood tersebut menggunakan air mengalir. Buang insang serta isi perutnya dan bersihkan dari sisik sampai bersih.

Selain itu, pisau dan talenan atau cutting board yang digunakan untuk memotong ikan juga harus bersih dan tidak boleh dicampur dengan bahan lain karena bisa mengontaminasi bau dari seafood tersebut.

Ilustrasi memotong ikan tuna mentah. SHUTTERSTOCK/BRAVISSIMOS Ilustrasi memotong ikan tuna mentah.

“Pisau tidak boleh dicampur untuk potong bahan lain. Cutting board juga harus khusus berwarna biru,” ujar Chef Suwanta.

Penggunaan cutting board berwarna biru dilakukan sesuai standar. Talenan berwarna putih biasanya untuk memotong roti, merah untuk daging, kuning untuk unggas, hijau untuk sayur, dan biru untuk seafood.

Jika untuk pengolahan di rumah, kamu bisa menggunakan talenan berwarna putih. Namun yang paling penting pastikan talenan harus sudah dicuci bersih setelah dipakai dan sebelum digunakan untuk memotong ikan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan air perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau amis ikan. Namun jangan lumuri ikan dengan jeruk nipis jika ingin menyajikannya menjadi sashimi.

Pasalnya, asam dari jeruk nipis akan menghilangkan rasa asli dari ikan tersebut, kata Chef Suwanta.

Alternatifnya kamu bisa mencampurkan air jeruk nipis dengan kecap asin untuk jadi saus sashimi. Kamu juga bisa menambahkan wasabi ke dalam saus jika suka rasa pedas.

Gohu ikan di Festival Teluk Jailolo 2014. Gohu ikan dibuat dari ikan tuna mentah.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Gohu ikan di Festival Teluk Jailolo 2014. Gohu ikan dibuat dari ikan tuna mentah.

Namun jika melihat hidangan ikan mentah khas Indonesia, banyak yang menggunakan aneka bumbu serta rempah khas Indonesia termasuk air perasan jeruk nipis sebagai bumbu pembalut ikan.

Sebut saja lawa bale, naniura, atau gohu. Sajian-sajian tersebut menggunakan campuran air perasan jeruk nipis salah satunya untuk menghilangkan bau amis pada ikan mentah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com