Cara Simpan Seafood Matang di Kulkas agar Rasa Tetap Enak

Kompas.com - 08/06/2020, 10:07 WIB
Ilustrasi ikan goreng disajikan di atas piring pada meja kayu. SHUTTERSTOCK SAM THOMAS AIlustrasi ikan goreng disajikan di atas piring pada meja kayu.


JAKARTA, KOMPAS.com – Ada kalanya memasak olahan seafood terlalu banyak. Entah itu ikan goreng, sup ikan, atau aneka tumisan cumi dan udang yang tak sempat disantap.

Jangan dulu memutuskan untuk membuangnya. Makanan sisa tersebut masih bisa kamu simpan dan konsumsi di hari lain.

“Misalnya kita punya sisa ikan goreng masih ada dua, lebihnya kita buat masak besok itu bisa kita simpan di chiller,” ujar Chef Hotel Santika Cirebon, Aguk Prasetiyo pada Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Baca juga: Cara Gampang Mengolah Kepiting Agar Tidak Mencapit, Taruh di Freezer

Caranya sederhana, kamu hanya perlu menyimpan seafood matang di wadah bersih yang kedap udara. Kalau perlu gunakan plastik wrap agar memastikan benar-benar kedap udara.

“Bisa disimpan di chiller atau freezer. Kalau disimpan enggak terlalu lama hanya sehari dua hari gitu lebih baik di chiller supaya proses thawing (melumerkan) ketika mau dimasaknya tidak terlalu lama,” jelas Aguk.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Pasalnya, makanan yang sudah diolah dan sudah matang jika terkena udara beku seperti dalam freezer kemungkinan besar akan merusak makanan itu sendiri.

Baca juga: Cara Tepat Simpan Ikan Laut Segar, Buang Isi Perutnya

“Bisa hilang juice (sari) di dalam ikannya gitu. Istilahnya kalau kita awal makan gurih, nanti ketika sudah dari freezer jadi hambar karena sudah berair kan dari beku es itu,” sambung Aguk.

Jika disimpan di dalam chiller saja dengan suhu yang masih di atas 0 derajat celsius, seafood matang bisa tahan sekitar satu sampai dua hari.

Namun semua itu tetap bergantung pada kebersihan wadah yang kamu gunakan serta proses pemasakan yang dilakukan.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Kerang dan Hilangkan Bau Amis

Jika proses pemasakan dilakukan dengan benar dan bersih, maka makanan bisa tahan lebih lama lagi.

Intinya, pastikan untuk mengecek lebih dahulu kualitas makanan sebelum dipanaskan kembali. Jika baunya sudah tak sedap, lebih baik langsung dibuang saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X