Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rahasia Lezatnya Kuliner Kanton Hong Kong, Apa Saja?

Kompas.com - 14/10/2021, 18:36 WIB
Silvita Agmasari

Editor

 

KOMPAS.com - Hong Kong merupakan rumah dari sekitar 15.000 restoran. Wisata kuliner, bisa dibilang kegiatan wajib saat di Hong Kong. 

Baru-baru ini restoran Kanton yang terletak di Central, Hong Kong, The Chairman mendapat peringkat ke-10 di ajang World’s 50 Best Restaurants Awards 2021. 

Pemilik The Chairman Danny Yip menguak rahasia dari kenikmatan makanan di Hong Kong, seperti yang dibagikan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com dari Hong Kong Tourism Board (HKTB) Kamis (14/10/2021). 

Baca juga:

1. Bahan-bahan segar di Aberdeen Seafood Market

Yip dan The Chairman mengutamakan kesegaran dari bahan-bahan lokal. Hal ini menjadi salah satu ciri khas dari masakan Kanton. Itu sebabnya Yip merekomendasikan Pasar Seafood Aberdeen sebagai perhentian pertama.

Pasar ini adalah satu-satunya pasar ikan grosir di Hong Kong yang sudah buka sebelum subuh.

Mereka menjual kerapu yang baru ditangkap, kerang bambu, lobster, dan ikan laut dengan harga terjangkau. 

The Chairman mengirim seorang mantan nelayan ke sini setiap hari pada pukul 05.30 pagi untuk memilih langsung bahan makanan laut yang segar.

Baca juga:

2. Saus nikmat di Kwun Tong

Di kawasan industri Kwun Tong yang terletak di area Kowloon, Yip sering mengunjungi Tai Ma Sauce Co., produsen saus yang telah berdiri selama 50 tahun yang sekarang dijalankan oleh generasi ketiga.

Tai Ma menjual berbagai macam pilihan sayuran, bumbu, dan saus. Namun Yip menjatuhkan pilihan dan sangat memuji lemon Tai Ma yang diawetkan selama sepuluh tahun.  

Menurutnya lemon tersebut memiliki cita rasa yang tidak dapat dicapai oleh tangan seorang koki, tetapi hanya melalui waktu.

Fermentasi lemon Tai Ma adalah bahan utama dari hidangan khas The Chairman lainnya, yaitu kerang bambu yang dikukus dengan fermentasi lemon dan campuran rempah-rempah. 

Rasa lemon akan menambah cita rasa umami pada kerang bambu.

3. Alat masak di Shanghai Street

Man Kee Chopping Board, toko talenan di Hong Kong. Dok. HKTB Man Kee Chopping Board, toko talenan di Hong Kong.

Distrik Yau Ma Tei di kawasan West Kowloon adalah tempat yang sempurna bagi koki untuk membeli peralatan yang mendukung kualitas hidangan mereka. 

Area Shanghai Street memiliki toko-toko tua yang menjual segala macam pernak-pernik dapur, mulai dari peralatan dapur baja, pisau, hingga alat kukus, semua adalah merek warisan turun temurun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com