Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga dan Bahan Organik untuk Bikin Donat Sayur dan Buah, Yuk Simak

Kompas.com - 24/09/2021, 11:07 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Donat Yonana menjual berbagai varian donat sayur dan buah unik. Salah satu varian donat yang patut dicoba yakni pisang bawang. 

Kepada Kompas.com (21/09/2021), Anggi Ismawati, pemilik donat Yonana menjelaskan pemilihan bahan untuk membuat donatnya.

Baca juga:

 

Pembuatan menu donat sayur dan buah

Anggi tidak terlalu memusingkan resep varian donatnya. Ide pembuatannya biasa muncul dari melihat bahan-bahan yang ada di pasar.

“Jadi aku kalau bikin menu baru gitu enggak pakai yang direncanain banget dulu. Kadang itu, jalan-jalan di pasar, terus nemu ide, terus langsung besok bikin. Eggak yang pakai eksperimen dulu gitu," papar Anggi.

"Dan untungnya ya banyak yang suka. Tapi kalau misalnya eksperimen gitu terus aku enggak suka, yaudah besoknya aku enggak bikin lagi," tambahnya. 

Ilustrasi donat dari Yonana yang dikemas menggunakan besek. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi donat dari Yonana yang dikemas menggunakan besek.

Untuk menu pre order Anggi pun memanfaatkan sisa bahan yang ada atau bergantung dengan bahan yang ditemukannya di pasar.

Bunga dan bahan organik untuk membuat donat 

Donat dari Yonana menggunakan bahan alami dalam resepnya.

Beberapa jenis bahan yang biasa digunakan di antaranya bayam, ubi ungu, jagung, seledri, dan labu kuning.

Baca juga:

Saat ditemui Kompas.com Anggi menuturkan bahwa ia pun pernah mencoba berkreasi dengan menggunakan daun pepaya jepang.

“Aku juga pernah pakai daun pepaya, tapi pepaya jepang itu lo! Dia kan tidak pahit. Tapi jadinya kurang enak, teksturnya ulet gitu," kata Anggi.

Sementara untuk buah yang dipakai sendiri cukup beragam, seperti pisang, stroberi, buah naga, dan mangga.

Ilustrasi donat ubi ungu, vanila bunga telang, dan bawang seledri dari Yonana. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi donat ubi ungu, vanila bunga telang, dan bawang seledri dari Yonana.

Uniknya, donat dari Yonana juga menggunakan bunga untuk glaze dan garnish. Jenis bunga yang dipakai adalah bunga telang, bunga matahari, dan bunga bawang.

Bunga telang digunakan sebagai pewarna topping serta garnish. Begitu pula dengan bunga matahari.

“Kalau bunga matahari itu enggak tidak terlalu pekat. Tapi rasanya dia kayak mint gitu," jelas Anggi.

Sementara, untuk bunga mawar dipakai sebagai topping, garnish, dan campuran adonan. Bunga mawar ini dikombinasikan dengan cokelat untuk membuat rasa yang unik. 

"Ada itu varian cokelat mawar. Tapi dia rasanya kayak sepet-sepet gitu sama ulet gitu," ungkap Anggi. 

Baca juga: Resep Donat 6 Bahan, Hasilnya Empuk dan Mengembang Sempurna

Beberapa bunga yang digunakan untuk membuat donat sebagai ditanam sendiri oleh Anggi. Jadi, bila ingin dipakai Anggi memetik bunga tersebut dari kebun kecil di teras rumahnya. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com