Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kue Lumpur Maman, Cocok untuk Jadi Oleh-oleh Khas Sidoarjo

Kompas.com - 02/09/2021, 11:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kalau sedang berkunjung ke suatu tempat, tidak lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner khas. Begitu pun, kalau berkunjung ke Sidoarjo, Kota Petis.

Ada aneka kuliner khas Sidoarjo yang menggiurkan dengan harga murah bisa kamu cicipi selama berada di sana. Salah satu yang populer adalah kue lumpur bakar.

Baca juga: Cara Panggang Kue Lumpur Bakar agar Padat Luarnya, Lumer Dalamnya

Kue lumpur bakar berbeda dengan kue lumpur pada umumnya. Salah satu perbedaanya ada pada bahan. Kue lumpur bakar tidak menggunakan kentang seperti bahan utama kue lumpur lainnya.

Kalau kamu ingin mencicipi kue lumpur bakar khas Sidoarjo, kamu bisa pesan di Kue Lumpur Maman. Berikut ulasan singkat mengenai tempat makan kue lumpur bakar yang satu ini.

Baca juga: Jenis Kelapa untuk Membuat Isi Kue Lumpur Bakar Lumer dan Manis

Asal mula berdirinya Kue Lumpur Maman

Kue lumpur bakar yang ada di Kue Lumpur Maman, Sidoarjo.DOK.INSTAGRAM/KUE LUMPUR SIDOARJO MANTU IDAMAN Kue lumpur bakar yang ada di Kue Lumpur Maman, Sidoarjo.

Salah satu kedai kue lumpur bakar yang bisa kamu kunjungi adalah Kue Lumpur Maman atau Mantu Idaman. Kedai kue lumpur bakar ini sudah buka sejak Januari 2016 silam.

Nanda Junius Riano, pemilik dari Kue Lumpur Maman bercerita kepada Kompas.com melalui telepon genggam pada Selasa (31/08/2021). Ia memulai usaha kue lumpur bakar, berawal dari menjadi seorang reseller kue lumpur yang sudah ada saat itu.

Baca juga: Bahan untuk Isi Kue Lumpur Bakar, dari Kelapa hingga Nangka

“Awalnya dari outlet nganggur yang ada di salah satu tempat Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sidoarjo, kemudian saya buka outlet sambil cari-cari pesanan.” jelas Nanda.

Berkembang dari situ, kemudian Nanda mencoba usaha kue lumpur miliknya sendiri yang diberi nama Kue Lumpur Maman atau Mantu Idaman.

Nama maman diambil dari singkatan mantu idaman. Hal itu karena Nanda ingin usaha kue lumpurnya menyasar pada segmen anak muda.

Baca juga: Apakah Bisa Menggunakan Santan Kemasan untuk Membuat Kue Lumpur Bakar?

“Kue lumpur yang selama ini ada banyak menyasar segmen orang dewasa. Kalau kita lebih ke segmen anak muda. Banyak konten di Instagram yang dibuat untuk anak mudah,” jelas Nanda.

“Salah satunya, konten seputar kalau mau ketemu mertua bisa membawa kue lumpur sebagai oleh-olehnya untuk meluluhkan hatinya,” tambah Nanda.

Baca juga: Cara Membuat Kue Lumpur Bakar yang Mengembang dan Lumer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com