Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Baked Alaska, Dessert yang Dibuat Nadya MasterChef?

Kompas.com - 21/08/2021, 19:51 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

KOMPAS.com - Salah satu peserta MasterChef season 8, Nadya, membuat baked alaska dalam tantangan mengolah aneka cokelat, Sabtu (21/8/2021).

Melansir The Kitchnnbaked alaska merupakan dessert atau makanan penutup manis yang terdiri dari lapisan kue, es krim, meringuedan marshmallow.

Ciri khas baked alaska ada pada lapisan meringue atau kocokan putih telur dengan gula yang dipanggang di bagian luar kue. 

Baca juga: Apa Itu Cacao Nibs? Bahan Dessert di Tantangan MasterChef Indonesia

Ada dua cara memanggang baked alaska. Pertama, baked alaska bisa dipanggang menggunakan oven selama kurang dari lima menit dengan suhu sangat panas. 

Baca juga: Apa Itu Meringue? Tips Bikin Meringue yang Mengembang Sempurna

Kedua, meringue dalam baked alaska bisa dimatangkan menggunakan torch api hingga sebagian permukaan baked alaska berwarna cokelat.

Dessert manis berbentuk setengah lingkaran yang termasuk kue jadul mewah ini membutuhkan teknik dan waktu pembuatan yang cukup lama.

Sebab, selain harus membuat kue terlebih dahulu, baked alaska juga membutuhkan es krim yang benar-benar beku agar tidak meleleh saat dipanggang.

Baca juga: Apa Bedanya Sorbet, Sherbet, Es Krim, dan Gelato? Tantangan di MasterChef

Meskipun selesai dipanggang, baked alaska masih bisa disajikan beku dan utuh selama 30 menit. Ini menjadi keistimewaan dessert asal New Orleans, Amerika Serikat ini. 

Jika masih ada sisa, baked alaska bisa disimpan di freezer untuk membuat bagian luar atau meringuenya menjadi beku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com