Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Oscars 2021, Tonton Dulu 15 Film Bertema Makanan Ini

Kompas.com - 25/04/2021, 21:41 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Acara penghargaan Academy Awards atau yang sering disebut Oscars tahun 2021 ini akan berlangsung Minggu (25/4/2021) waktu Amerika Serikat atau Senin (26/4/2020) pagi waktu Indonesia.

Sebelum menonton acara penghargaan tersebut secara langsung, kamu bisa merayakannya lebih awal dengan menonton 15 film bertemakan makanan dan memasak berikut ini seperti dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber:

Baca juga: Makanan Pagelaran Oscars dari Tahun ke Tahun, Sajian Daging Hingga Vegan

1. Chef

Film ini bercerita soal chef asal Los Angeles bernama Carl Casper (Jon Favreu) yang kehilangan pekerjaannya setelah bertengkar dengan seorang kritikus makanan ternama.

Baca juga: 5 Film dan Serial Non Dokumenter di Netflix Bertema Makanan, Apa Saja?

Merasa marah, ia pun berusaha menemukan kembali passion yang ia miliki terhadap makanan ke penjuru negeri.

Caranya adalah dengan membangun sebuah bisnis food truck yang menawarkan aneka sandwich unik dengan rasa restoran dan harga terjangkau.

Film ini tidak hanya memperlihatkan sesi memasak Carl yang akan membuat kamu merasa ingin mencoba sandwich miliknya, tapi juga ada kehangatan keluarga lewat hubungan Carl dengan anak dan mantan istrinya.

Hassan dan Madame Mallory saat memasak bersama dalam film The Hundred Foot JourneyIMDB.com Hassan dan Madame Mallory saat memasak bersama dalam film The Hundred Foot Journey

2. The Hundred Foot Journey

Film ini menampilkan sosok keluarga India yang berimigrasi ke sebuah desa di Perancis. Di sana, mereka memutuskan membuka restoran khas India tepat di depan restoran Michelin milik Mallory (Helen Mirren).

Persaingan pun tak terelakkan. Belum lagi ketika salah satu putra keluarga India tersebut, bernama Hassan (Manish Dayal) memiliki bakat memasak yang luar biasa. Sampai ia pun direkrut untuk dilatih di restoran milik Mallory.

Sebagian besar film ini ber-setting di dapur restoran. Maka dari itu kamu tak akan bisa menghindari sesi memasak yang indah dan luar biasa dari para chef tersebut.

Namun salah satu adegan terbaik adalah saat Hassan memandu Mallory membuat omelete. Omelete yang sederhana tak pernah terlihat seenak itu.

Julia Roberts dalam film Eat Pray Love yang dirilis pada 2010.iMDb Julia Roberts dalam film Eat Pray Love yang dirilis pada 2010.

3. Eat Pray Love

Film yang dibintangi Julia Roberts ini bercerita soal perjalanan Elizabeth Gilbert (Roberts) mencari jati dirinya. Ia pun berpetualang ke seluruh dunia, di antaranya ke Italia, India, dan Indonesia.

Momen petualangan Elizabeth seputar makanan terjadi di Italia. Di mana dia menikmati kelezatan kuliner khas Italia yang sederhana dan bisa menemukan arti penting makanan yang punya peran lebih dalam hidup dibanding sekadar penghilang rasa lapar.

Baca juga: Kisah di Balik Hidangan Pamungkas di Film Stephen Chow God of Cookery

4. Burnt

Film ini dibintangi Bradley Cooper, bercerita soal Adam Jones (Bradley Cooper) yang seorang chef di sebuah restoran mewah ala Perancis. Karir dan kehidupannya hancur akibat narkoba dan sikapnya yang temperamental.

Untuk membangun kembali kehidupannya, ia pun melakukan pengasingan di New Orleans dan menikmati aneka sajian seafood yang khas.

Selain sajian seafood menggoda, kamu juga bisa melihat proses memasak yang luar biasa ‘panas’ di dapur.

Thali, penyajian dalam mangkuk-mangkuk kecil dari beberapa hidangan khas IndiaPixabay Thali, penyajian dalam mangkuk-mangkuk kecil dari beberapa hidangan khas India

5. The Lunchbox

The Lunchbox dibintangi Irffan Khan dan Nimrat Kaur, punya cerita hangat dan sederhana tentang perkenalan keduanya melalui kotak makan siang.

Baca juga: Cara Nikmati Makan Malam Mewah ala Pagelaran Oscars di Rumah

Perkenalan keduanya berawal dari kotak makan siang dari Ila (Nimrat Kaur) untuk suaminya yang sibuk, tetapi malah salah dikirim hingga sampai ke tangan Saajan (Irffan Khan).

Keduanya pun mulai bersahabat melalui surat yang disimpan di dalam kotak makan siang tersebut setiap hari.

Walaupun tak berinteraksi secara langsung, chemistry di antara keduanya luar biasa bagus. Belum lagi makanan India yang ada di dalam kotak makan tersebut.

Walaupun hanya makanan rumahan sederhana tetapi bisa terlihat sangat lezat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com