Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Pagelaran Oscars dari Tahun ke Tahun, Sajian Daging Hingga Vegan

Kompas.com - 25/04/2021, 09:11 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pagelaran Academy Awards atau yang kerap disebut Oscars selalu mencuri perhatian dari tahun ke tahun.

Baca juga: Cara Nikmati Makan Malam Mewah ala Pagelaran Oscars di Rumah

Tak hanya soal siapa yang akan memenangkan penghargaan bergengsi di bidang perfilman ini, melainkan juga soal makanan apa yang disajikan pada para nomine.

Makanan yang disajikan di Oscars dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Pada 2020 misalnya, Oscars menawarkan lebih banyak pilihan sajian vegan dan vegetarian dari sebelumya.

Dilansir dari Insider, perubahan ini sebagian besar terjadi akibat advokasi yang digaungkan banyak selebritis vegan seperti Joaquin Phoenix. Berikut ini gambaran lengkap sajian Oscars dari masa ke masa:

1929

Pagelaran Oscars pertama pada 1929 digelar begitu formal. Para nomine disajikan beragam sajian mewah, dilansir Bon Appetit.

Menu yang ditawarkan termasuk ayam panggang atau ikan yang ditumis dengan mentega untuk sajian pembuka. Lengkap dengan buncis dan kentang. Sementara sajian penutup terdiri dari kue dengan es krim.

Ilustrasi roasted chicken atau ayam panggang. SHUTTERSTOCK/AS FOOD STUDIO Ilustrasi roasted chicken atau ayam panggang.

1940-an

Masuk ke tahun 1940-an dan 1950-an, sajian pembuka berbasis daging masih ditemukan di Oscars. Para nomine mendapatkan ayam, buncis, dan kentang sebagai bintang utama.

Namun selama Perang Dunia Kedua dan selanjutnya, khususnya ketika acara ini mulai disiarkan di televisi, momen makan malam para nomine dipisahkan dari momen pemberian penghargaan.

Alasannya karena para selebritis tidak mau terlihat berpesta dengan makanan mewah dan terlihat di kamera. Khususnya karena negara saat itu sedang dalam keadaan berperang.

Baca juga: Resep Ayam Panggang Juicy, Garing Luarnya Lembut Dagingnya

1970-an

Kemudian di tahun 1970 sajian makan malam di Oscars semakin banyak memunculkan pilihan daging yang ditemani dengan mentega dan krim karena tema Perancis yang digunakan.

Mengutip Love Food, sajian saat itu termasuk udang, kepiting, dan steak. Termasuk juga beragam jenis saus dan tentu saja wine. Sajian penutupnya berupa es krim mewah.

Sepanjang 1970-an mengikuti tren yang sama. Banyak sajian daging, saus bearnaise yang kaya rasa, dan sajian penutup berbasis cokelat.

Dekade ini merupakan dekade terakhir sebelum kegilaan diet rendah lemak mulai muncul di Amerika Serikat.

Diet tersebut mendorong orang-orang Amerika Serikat menyingkirkan mentega dan produk susu full-fat. Mereka memilih margarin dan produk skim atau tanpa lemak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com