Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2021, 11:36 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biji selasih punya banyak manfaat untuk kesehatan yang dapat membantu seseorang saat berpuasa.

Manfaat biji selasih di antaranya adalah mencegah panas dalam, melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, memberi kesegaran pada tubuh, dan dipercaya sebagai penambah daya ingat serta tonik.

Baca juga: Apa Bedanya Biji Selasih dan Biji Chia?

Umumnya biji selasih dicampur berbagai hidangan takjil, karena rasa biji selasih tawar. Namun demikian, biji selasih memberi variasi tekstur pada takjil

Berikut beberapa kreasi takjil dengan biji selasih seperti dirangkum Kompas.com dari buku “1500 Resep Minuman Laku Dijual” (2011) karya Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama:

1. Dicampur dengan cendol atau dawet

Biji selasih cocok jika dikreasikan dengan cendol atau dawet.

Beberapa resep dawet atau cendol yang bisa kamu coba di antaranya adalah Es Dawet Selasih, Es Dawet Selasih Ketan Hijau, Es Cendol Jeli Selasih, dan Dawet Selasih.

Baca juga: Resep Cendol Dawet Tepung Beras, Tanpa Kapur Sirih

Selain hanya dicampur dawet, kamu juga bisa menambahkan aneka bahan lain.
Kamu bisa mencampur selasih dengan cendol sagu aren, bubur sumsum, bubur ketan hitam, santan, dan sirup gula bersama selasih.

2. Dicampur kelapa

Selasih juga cocok jika dicampur dengan kelapa muda atau kelapa hijau. Misalnya, kamu bisa membuat Es Kelapa Cincau Hijau.

Cukup campurkan kelapa muda, cincau hijau, es serut, sirup terong belanda bersama biji selasih yang sudah direndam sebelumnya. Tambahkan kuah santan secukupnya.

3. Dibuat es campur dan es buah

Ilustrasi es campur. Dok. Shutterstock/Ariyani Tedjo Ilustrasi es campur.

Kamu juga bisa coba membuat Es Campur Buah Santan Selasih, Sop Buah Sari Kedondong, atau Es Cocktail Nanas Labu Siam yang unik.

Cara membuat Sop Buah Sari Kedondong misalnya, campurkan buah-buahan seperti rambutan, nanas, semangka, dan jus kedondong.

Baca juga: Resep Es Campur, Cocok Diminum Habis Makan Daging Kambing

Tambahkan agar-agar aneka rasa, susu cair, sirup vanilla, es serut, kental manis, dan biji selasih yang sudah direndam.

4. Puding

Ada juga resep Es Puding Setup Aneka Buah. Bahan-bahannya menggunakan agar-agar, labu siam, pepaya mengkal, kayumanis, cengkih, nanas, sirup vanila, santan, es serut, dan tentu saja selasih.

Caranya cukup rebus semua bahan puding termasuk biji selasih.

Baca juga: Resep Puding Alpukat, Dessert Sehat dan Mudah Bikinnya

Jika semua bahan sudah matang, tambahkan buah-buahan lalu diamkan hingga dingin. Puding setup aneka buah dengan biji selasih pun siap disajikan.

Buku “1500 Resep Minuman Laku Dijual” (2011) karya Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com