Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Es Permen Karet di Surabaya, Es Segar Porsi Besar

Kompas.com - 10/11/2020, 15:54 WIB
Ryana Aryadita Umasugi,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video pedagang yang sedang membuat Es Permen Karet belakangan menjadi viral di media sosial. Tempat jualan minuman unik ini berlokasi di Surabaya, Jawa Timur.

Es berwarna merah muda ini membuat banyak orang rela antre untuk bisa menikmati kesegarannya.

Baca juga: Viral Video Uncle Roger Terkesan Cara Gordon Ramsay Masak Nasi Goreng Telur Indonesia

Dalam video yang diunggah di Akun TikTok @separuhakulemak, terlihat proses dicampurnya Es Permen Karet. Bahkan video ini telah ditonton 8,6 juta kali dan disukai 771 ribu orang di TikTok.

Sebagian warganet yang mengetahui es ini mengakui bahwa Es Permen Karet karena memiliki cita rasa yang enak dan segar.

"Tadi malem sudah ke sana. Wenak poll. Alamat di Simokerto dekat pabrik kecap," tulis akun dengan nama pengguna Bob.

Selain itu, warganet yang pernah mendatangi langsung berujar bila tempat tersebut sangat ramai.

"Ini rameeeee bgt di jalan sidodadi. Rumah gue situ hyung. Gak pernah sepi meski sampe tengah malem," ucap akun Ridha Rafa Fathina.

"Es itu dari gua masih kecil ampe skrng gua udh sma masih laris coyy. Malah skrng dah buka cabang dan makin viral," kata akun @bocil.

Baca juga: Resep Es Krim Tanpa Mesin, Hanya Perlu Kocok dalam Stoples

Es Permen Karet ini beralamat di Jalan Sidodadi Baru, Nomor 50A, Surabaya, Jakarta Timur. Pemiliknya Ahmad Hidayat alias Pak Iyit mengungkapkan, es tersebut sangat ramai pembeli sejak tiga bulan lalu.

Bahkan para pembeli rela antre hingga 100 meter di depan warung untuk mendapatkan segelas Es Permen Karet. Mereka berbondong-bondong ingin mencicipi es yang merupakan resep turun-temurun keluarga itu.

"Memang ramai mbak, kalau antre itu bisa sampai 100 meter. Datangnya ada yang dari Mojokerto, Gresik, Sidoarjo," ucap Iyit saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Setiap harinya, Iyit harus menyetok 15 hingga 24 galon Es Permen Karet. Namun saat cuaca sedang hujan, ia menyediakan 9 galon.

Iyit pun kini juga menggratiskan es tersebut setiap Sabtu malam karena ramai dan selalu habis terjual. Menurut dia hal itu sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan setia Es Permen Karet.

"Setiap malam minggu itu saya gratiskan es permen karet. sepuasnya minum tapi enggak boleh bawa pulang hanya minum di lokasi. Enggak ada syarat, datang bisa langsung minum tapi enggak boleh bawa pulang. Jam 23.30 sampe jam 03.00," kata dia.

Untuk membeli segelas es tersebut, tak perlu khawatir karena harganya sangat terjangkau yaitu Rp 4.000.

Warung Ampel Kembang ini dibuka mulai pukul 15.30-10.00 WIB. Selain menu Es Permen Karet, terdapat pula kopi spesial, es milo, nasi mandi, nasi India, dan berbagai kue tradisional. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com