Resep Es Krim Tanpa Mesin, Hanya Perlu Kocok dalam Stoples

Kompas.com - 22/09/2020, 16:06 WIB
Ilustrasi es krim rumahan tanpa mesin. Es krim dibuat dengan mengocok bahan dalam stoples. SHUTTERSTOCK/Ksenija ToyechkinaIlustrasi es krim rumahan tanpa mesin. Es krim dibuat dengan mengocok bahan dalam stoples.

KOMPAS.com - Es krim stoples adalah cara mudah dan cepat untuk membuat es krim tanpa mesin. Adonan es krim dikocok di dalam stoples kemudian dibekukan.

Baca juga: Cara Membuat Gelato Tanpa Mesin Es Krim, Ikuti Resep Dasar Ini...

Aneka rasa es krim stoples juga bisa kamu kreasikan. Mulai dari rasa buah-buahan, cookies n cream, sampai cokelat.

Jenis es krim kocok stoples ini ideal untuk camilan dingin yang praktis dibuat. Pada resep es krim stoples ala The Spruce Eats, kamu bisa bebas pilih rasa dan topping sesuai selera.

Resep es krim

Bahan:

  • 1 cangkir (250 ml) krim kental (heavy cream)
  • 1-2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh ekstrak atau pasta vanili
  • 1/4 sendok teh garam
  • Opsional: Kue yang dihancurkan, buah segar atau kaleng, perisa makanan
  • Opsional: Saus karamel, saus cokelat, sirup buah

Ilustrasi bikin es krim tanpa mixer, cukup pakai hand whisk. SHUTTERSTOCK/279photo Studio Ilustrasi bikin es krim tanpa mixer, cukup pakai hand whisk.

Cara membuat es krim

1. Kumpulkan bahan-bahannya.

2. Tuang krim kental, gula, vanili, dan garam ke dalam stoples kaca. Tambahkan perasa seperti kukis yang dihancurkan, perisa makanan, dan atau buah.

3. Kencangkan tutup stoples. Kocok selama 3-4 menit atau hingga volumenya meningkat dua kali lipat. Jangan berlebihan mengocoknya. Kalau kelamaan bahan akan menjadi whipped cream.

4. Simpan stoples ke dalam freezer dan bekukan selama 2-3 jam atau sampai tekstur es lembut.

Jangan dibekukan lebih lama dari waktu tersebut. Pasalnya es krim dapat mengkristal dan mengeras.

5. Keluarkan stoples ketika es sudah agak beku, kalau ingin menambahkan bahan lain seperti cokelat leleh.

Tuangkan cokelat leleh, kemudian aduk-aduk sampai tercampur menggunakan sumpit atau gagang sendok. Kemudian kembalikan ke dalam freezer hingga membeku menjadi es krim.

6. Es krim siap dinikmati!



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X