Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Udon khas Jepang, Injak Pakai Kaki

Kompas.com - 13/09/2020, 10:01 WIB
Nine Fridayani,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penasaran bagaimana cara membuat udon di rumah? Akhir pekan ini bisa manfaatkan waktu dengan membuat udon sendiri.

Pembuatan udon tidak memerlukan keahlian khusus. Cukup siapkan air dan tepung, penggilas adonan. Hal terpenting adalah kekuatan dan kesabaran saat mengulen adonan.

Namun, jika menguleni adonan udon adalah masalahnya? Kamu bisa coba trik yang dilakukan oleh koki rumahan di Jepang ini.

Baca juga: Cara Membuat Udon ala Marugame, Tanpa Mesin dan Pakai Bahan Lokal

Masukan adonan ke dalam kantong plastik yang dapat ditutup, bungkus dengan handuk dan injak-injak dengan kakimu!

Jangan khawatir, cara ini tetap higienis karena adonan tertutup dan terbungkus rapat. Siap untuk membuat udon sendiri? Berikut ini resep udon melansir Food Republic.

Resep Mi Udon

Bahan dan Alat:

  • Penggiling adonan
  • 5 cangkir tepung terigu serbaguna, diayak, dan lebihkan jumlahnya untuk ditaburi saat mengulen adonan
  • 1 sendok makan ditambah 1 sendok teh garam kosher
  • 1 ¼ sampai 1 ½ gelas air

Cara membuat mi udon:

1. Buat adonan: campurkan tepung dan garam dalam mangkuk besar, aduk, lalu tambahkan 1¼ gelas air. Aduk dengan tangan sampai adonan menggumpal dan menyatu. Tekan dan uleni adonan hingga tidak lengket di tangan.

2. Taburi permukaan tempat kerja dengan tepung. Letakan adonan di atasnya dan uleni sampai adonan terlihat dan terasa cukup halus, kurang lebih selama 5 menit.

3. Bentuk adonan menjadi bola, bungkus dengan plastik pembungkus, dan diamkan pada suhu ruangan selama 1 jam.

4. Pada permukaan yang agak basah, uleni kembali adonan selama kurang lebih 2 menit. Taburi sedikit tepung pada adonan, kemudian gunakan rolling pin (penggiling adonan) untuk menggilanya.

Sesekali putar adonan 90 derajat dan taburi dengan sedikti tepung jika adonan menempel. Gilas adonan sampai ketebalannya menjadi kira-kira 17 inci dengan merata.

5. Jika adonan sedikit keras untuk digilas, diamkan adonan selama 5 hingga 10 menit sesuai kebutuhan. Hal ini memungkinkan gluten tepung untuk rileks dan membuat adonan lebih lunak.

6. Setelah ketebalan adonan dirasa cukup, lipat adonan menjadi tiga bagian. Lalu iris melebar menjadi mi tebal.

7. Pisahkan mi dengan hati-hati dan taburi dengan sedikit tepung, supaya tidak saling menempel. Masak segera.

Cara masak udon

Cara memasak udon yaitu direbus di dalam air yang sudah didihkan sambil terus diaduk-aduk. Jika air rebusan mulai meluap, tambahkan ¼ cangkir air agar surut.

Masak mi udon sampai matang selama 10-12 menit. Lalu tiriskan dan rendam mi udon di dalam air es sambil digosok-gosok untuk menghilangkan pati yang masih ada pada mi. Tiriskan dan mi udon siap disajikan dengan kuah kaldu atau saus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com