Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2020, 10:10 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com  - Tumpeng identik dengan perayaan penting di Indonesia termasuk 17 Agustus. Nasi tumpeng punya makna sebagai representasi antara hubungan manusia dengan Tuhan dan manusia dengan sesamanya.

Baca juga: 3 Fakta Nasi Tumpeng yang Identik dengan Perayaan 17 Agustus

Hal itu berkaitan dengan nasi tumpeng yang berbentuk kerucut jadi representasi dari puncak gunung atau konsep Ketuhanan. Tumpukan nasi berbentuk kerucut lalu dihidangkan dengan aneka lauk di atas tampah.

Tumpeng yang biasanya terbuat dari nasi kuning, kini bisa dibikin dari mi instan goreng dengan berbagai bumbu. Sajian ini juga bisa disajikan sebagai mi ulang tahun lalu dilengkapi dengan lauk pauk.

Resep tumpeng mi instan dijelaskan pada buku "Tumpeng & Nasi Kuning Karakter" (2017) oleh Indriani, penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep tumpeng mi instan

Bahan :

  • 5 bungkus mi goreng instan
  • 600 ml air
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 20 buah cabai hijau keriting, haluskan
  • 10 buah cabai rawit hijau, haluskan
  • 1 sdm kecap Inggris
  • 2 sdm minyak zaitun

Cara membuat tumpeng mi instan

1. Rebus mi instan dengan 600 ml air sampai matang, jika sudah matang angkat dan tiriskan.

2. Tumis bawang putih dengan minyak zaitun sampai harum, tambahkan cabai hijau dan cabai rawit, masukkan mi goreng, kecap inggris dan bumbu lainnya, aduk rata. Kalau sudah matang, angkat.

3. Cetak mi selagi panas ke dalam cetakan tumpeng kerucut. Tumpeng mi instan bisa disajikan dengan aneka lauk sepereti kering tempe, telur balado, dan masih banyak lagi.

Buku "Tumpeng & Nasi Kuning Karakter" (2017) oleh Indriani penerbit, PT Gramedia Pustaka Utama, bisa dibeli secara online di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com