Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Rempah Awet Disimpan? dari 6 Bulan sampai 4 Tahun

Kompas.com - 10/08/2020, 13:03 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS – Rempah yang dikeringkan cenderung lebih awet disimpan dalam jangka waktu lebih lama daripada bumbu segar.

Baca juga: Mengenal Kluwek, Rempah Khas untuk Rawon yang Mengandung Asam Sianida

Namun, bukan berarti karena lebih awet disimpan lama, rempah tidak bisa rusak. Tetap saja, rempah yang berkualitas pasti mempunyai masa simpan tertentu.

Jika disimpan lewat dari masanya, kemungkinan kualitas rempah akan berkurang. Ciri-ciri kualitas rempah sudah berkurang, bisa diketahui dari aroma rempah sudah tidak tajam.

Lalu, berapa lama jenis bumbu dapur ini bisa awet? Berikut ini masa simpan dari beberapa rempah dilansir dari Spoon University.

1. Kayu manis: 6 Bulan

Ilustrasi cinnamomum camphora atau  kayu manis, salah satu kampor. SHUTTERSTOCK/ELAKSHI CREATIVE BUSINESS Ilustrasi cinnamomum camphora atau kayu manis, salah satu kampor.

Kayu manis yang sering dipakai di dapur ada dua jenis, yaitu bubuk dan batangan. Diketahui bahwa masa simpan kayu manis bubuk akan awet kualitasnya sekitar 6 bulan dan untuk kayu manis utuh awet lebih lama sekitar 2-3 tahun.

Jika aroma kayu manis sudah berkurang menandakan kualitasnya sudah menurun. Kamu bisa tetap memakainya untuk masakan, tetapi kayu manis harus dipakai dalam jumlah lebih banyak untuk mendapatkan aromanya.

Tapi, tetap yang terbaik adalah menggunakan kayu manis yang masih bagus kualitasnya.

2. Cabai bubuk: 2-3 Tahun

Bubuk cabai adalah rempah yang sering ada di dapur. Karena orang Indonesia gemar dengan rasa pedas, bubuk cabai sering ditambahkan ke aneka masakan.

Perlu diketahui, bubuk cabai yang masih memiliki rasa pedas biasanya awet disimpan selama 2-3 tahun. Kalau masa simpannya sudah lewat, bubuk cabe tidak punya rasa yang cukup pedas.

3. Bawang putih bubuk: 3-4 Tahun

Meski rasanya tidak sekuat bawang segar, bawang putih bubuk sering dijadikan pilihan praktis sebagai bumbu masakan.

Bawang putih bubuk bisa memberikan manfaat rasa dan aroma pada makanan dengan maksimal jika masa simpannya selama 3-4 tahun. Lewat dari itu, kualitasnya akan berkurang.

4. Pala: 4 Tahun

Pala yang dipakai di dapur biasanya ada dua jenis, yaitu pala bubuk dan pala utuh. Pala utuh memiliki rasa lebih tajam dibanding pala bubuk.

Biasanya pala ini sering kita gunakan untuk sop dan kue. Perlu diketahui, pala bisa awet disimpan selama 4 tahun untuk hasil yang maksimal.

5. Kunyit: 3-4 Tahun

Kunyit bubuk sering dipakai untuk masakan kari dan gulai. Kunyit ada dua jenis juga, segar dan bubuk.

Kunyit segar awet disimpan selama 6-9 bulan di freeer. Kunyit bubuk awet disimpan selama 3-4 tahun atau lebih jika disimpan di tempat teduh atau jauh dari sinar matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com