Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Tanam Kembali 10 Sisa Potongan Sayur Berikut, Cara dan Alat Sederhana

Kompas.com - 20/07/2020, 12:21 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kita yang tinggal di apartemen atau tempat tinggal yang tidak ada pekarangan, terkadang ingin punya area berkebun untuk menanam sayuran.

Tak perlu khawatir, kamu bisa menanam hanya dengan pakai wadah seperti stoples dan air maupun pot. Ada banyak jenis sayuran yang bisa ditanam kembali (regrow) bahkan tanpa tanah.

Baca juga: Cara Tanam Kembali Sisa Potongan Sayuran di Rumah, Yuk Cobain!

Jadi sebelum kamu membuang sisa potongan sayuran, cari tahu dahulu apakah bisa ditanam kembali. Cara ini sungguh menyenangkan, gratis, hasilnya bisa berkelanjutan dan lezat.

Berikut daftar tanaman sayur yang bisa ditanam kembali serta cara menanamnya, seperti dilansir dari Spud Vancouver.

1. Daun bawang

Daun bawang termasuk cukup mudah untuk ditanam kembali bahkan bagi para pemula. Kamu cukup memotongnya 2 cm di atas akar dan menaruhnya di dalam segelas air.

Ilustrasi menanam kembali sisa potongan seledri. SHUTTERSTOCK/KUNGTALON Ilustrasi menanam kembali sisa potongan seledri.

2. Seledri

Potong seledri sepanjang 7,6 cm di atas akar. Tempatkan di dalam air dan di bawah sinar matahari. Seteleh tumbuh daun baru, tunggu seminggu sebelum dipindahkan ke dalam pot berisi tanah.

3. Romaine lettuce, bok choy, dan kubis

Letus roma (romaine lettuce) juga gampang ditumbuhkan seperti seledri. Taruh potongan akarnya di dalam air. Ketika daunnya tumbuh letakkan di tanah.

Ilustrasi menanam kembali (regrow) sisa potongan sawi putih pakai mangkuk dan air. SHUTTERSTOCK/ON SET Ilustrasi menanam kembali (regrow) sisa potongan sawi putih pakai mangkuk dan air.

4. Wortel

Wortel juga bisa ditanam kembali dengan cara memotong bonggolnya dan ditaruh di air. Setelah tumbuh daun, baru letakkan di tanah. Jangan lupa menaruhnya di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.

5. Kucai

Kucai bisa ditumbuhkan dengan cara yang sama dengan daun bawang. Potong akarnya, taruh di air dan setelah daunnya tumbuh taruh di tanah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com