Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kuliner Malam di Makassar, Banyak yang Buka 24 Jam

Kompas.com - 12/06/2020, 19:04 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com  - Perut keroncongan di Makassar? Jangan khawatir, di Makassar banyak tempat makan yang buka sampai tengah malam, beberapa bahkan buka 24 jam. 

Baca juga: 10 Kuliner Malam di Bandung, Cocok untuk Hilangkan Penat

Di tengah masa pandemi seperti ini, ada baiknya kamu menikmati makan malam di Makassar dengan cara membungkus untuk dibawa pulang. Berikut 8 kuliner malam Makassar, Sulawesi Selatan:

1. Songkolo Bagadang Alhamdulillah

Songkolo Bagadang adalah makanan khas Makassar, dari namanya "songko" memiliki arti  nasi ketan.

Biasanya songkolo akan disajikan bersama ikan teri, sambal, telur asin, serta serundeng atau parutan kelapa yang disangrai.

Sajian sederhana ini bisa menjadi santapanmu saat lapar tengah malam. "Songkolo Bagadang" sendiri adalah Songkolo yang ditujukan sebagai makanan dini hari untuk orang-orang yang begadang.

Baca juga: 8 Kuliner Malam di Kota Bogor, dari Asinan hingga Surabi Duren

Tekstur ketan yang kenyal dan sedikit lengket memiliki rasa gurih berpadu dengan pedasnya sambal. Tambah nikmat saat disantap dengan ikan teri, telur asin, dan serundeng. 

Songkolo Bagadang Alhamdulillah, menjadi salah satu tempat menyantap Songkolo Bagadang yang terkenal di Makassar.

Tempat makan yang berada di Jalan Pannara Nomor 19, Kota Makassar ini buka 24 jam. Satu porsi songkolo dihargai Rp 10.000 untuk yang ukuran kecil dan Rp 12.500 untuk porsi besar.

Selain songkolo, Songkolo Bagadang Alhamdulillah juga menyajikan Pallubasa, Nasi Kuning Ayam Palekko, Nasi Campur Daging Rendang, dan masih banyak lagi.

2. Coto Bagadang Fly Over

Ilustrasi coto makassar. Dok. Tribun Timur/ Nurul Adha Islamiah Ilustrasi coto makassar.

Coto Makassar merupaan sajian khas Makassar yang terkenal. Kalau tadi ada Songkolo Bagadang, nah kalini juga ada coto bagadang. Coto bagadang biasanya sebutan untuk warung coto yang buka sampai dini hari.

Salah satu penjual coto bagadang yang sering menjadi rujukan adalah Coto Bagadang Fly Over. 

Cotonya memiliki kuah bening-keruh yang gurih dari perpaduan kaldu sapi serta bumbu seperti kemiri, jintan, bawang merah, bawang putih dan masih banyak lagi.

Baca juga: 12 Tempat Kuliner Malam Legendaris di Jakarta, Buat Makan di Rumah

Selain itu isiannya terdiri dari jeroan sapi seperti paru, babat, otak, dan tak lupa dagingnya. Jeroan dan daging sapi direbus lama sehingga kaldunya keluar sangat banyak. 

Coto Bagadang Fly Over berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 236 A (Fly Over), buka dari pukul 07.00 hingga 02.00 Wita. Seporsi Coto Bagadang Fly Over dihargai Rp 22.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com