Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tempat Kuliner Malam Legendaris di Jakarta, Buat Makan di Rumah

Kompas.com - 10/06/2020, 20:08 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

 


JAKARTA, KOMPAS.com – Berburu kuliner di Jakarta pada malam hari tak ada matinya. Di penjuru Ibu Kota, ada saja entah warung kaki lima atau restoran yang menjajakan kuliner malam yang sayang untuk dilewatkan.

Namun, pada masa ini lebih baik bawa pulang makanan dan minuman tersebut dan nikmati di rumah bersama keluarga. Bisa juga pesan via ojek online.

Baca juga: 7 Makanan Legendaris di Jakarta, Sekarang Bisa Diantar ke Rumah

 

Sebaiknya, pastikan pula jam buka tempat makan dengan menghubungi pemiliknya.

Berikut 12 tempat kuliner legendaris di Jakarta yang telah Kompas.com rangkum.

1. Gultik

Gulai tikungan alias gultik ini jadi salah satu yang paling legendaris. Terletak di tikungan Jalan Mahakam, Blok M, Jakarta Pusat, kamu bisa menemukan banyak pedagang kaki lima yang berjejer di sepanjang jalan.

Gultik yang bisa kamu temukan di sini berupa gulai sapi yang di dalamnya terdapat daging sapi serta bagian lain dari sapi seperti urat, tetelan, lemak, hingga jeroan. 

Baca juga: Kangen Makan Gultik? Ikuti Resep Gampang Membuat Gulai Tikungan

Kepiting Saus Tiram di Pecenongan, Jakpus.KOMPAS.COM/FITRI PRAWITASARI Kepiting Saus Tiram di Pecenongan, Jakpus.

2. Pecenongan

Kawasan Pecenongan pada malam hari dikenal jadi pusat kuliner sejak tahun 1970-an. Para pedagang di sini mulai ramai membuka tempat dagangannya sejak pukul 17.00 sampai dini hari.

Kamu bisa menemukan banyak sekali jenis makanan di sini. Beberapa yang paling populer adalah Bubur Kwang Tung yang buka 24 jam. Ada bubur kepiting dan ayam hainan yang nikmat.

Baca juga: Naik Bus Wisata Gratis ke Pecenongan, Ini 4 Pilihan Kulinernya

Jika ingin yang manis-manis, bisa coba Martabak Pecenongan yang juga legendaris. Serta banyak warung tenda seafood yang menawarkan aneka hidangan laut segar.

Penampilan sate padang Ajo Ramon yang merupakan khas Padang Pariaman, dengan bumbu yang lebih coklat keruh kemerahan, karena bumbu dan rempahnya yang berbeda dari sate Padang Bukit Tinggi, dan lainnya.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Penampilan sate padang Ajo Ramon yang merupakan khas Padang Pariaman, dengan bumbu yang lebih coklat keruh kemerahan, karena bumbu dan rempahnya yang berbeda dari sate Padang Bukit Tinggi, dan lainnya.
3. Sate Padang Ajo Ramon

Sate Padang Ajo Ramon terletak di Jalan Cikajang Raya No.72, Senopati, Jakarta Pusat. Sate padang ini jadi salah satu yang paling populer dan legendaris di Jakarta.

Potongan dagingnya besar, bumbu satenya kental, pedas, dan nikmat. Selain berisi daging sapi, ada juga daging lidah sapi yang kenyal dan menggugah selera.

Jangan lupa pesan sate bersama lontong agar semakin lengkap.

Nasi Goreng kambing di Nasi Goreng Kebon Sirihdok. Nasi Goreng Kebon Sirih Nasi Goreng kambing di Nasi Goreng Kebon Sirih

4. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Sudah ada sejak 1958, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih sudah tak perlu diragukan lagi keistimewaannya. Bumbu rempahnya kuat, dengan daging kambing yang berpotongan besar dan empuk.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com