8 Kesalahan Saat Bikin Brownies, Terlihat Sepele tapi Harus Dihindari

Kompas.com - 11/06/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi brownies dengan topping es krim vanilla. PIXABAY/CONSTANZE RIECHERT-KURTZEIlustrasi brownies dengan topping es krim vanilla.

KOMPAS.com - Brownies, salah satu camilan nikmat yang murah dan mudah dibuat. Bahkan bisa dibuat dari tiga bahan saja. Cara membuatnya juga tergolong mudah dan tidak makan banyak waktu.

Brownies pun dapat disimpan dalam kulkas atau freezer, bisa disantap esok hari setelah dihangatkan.

Baca juga: Resep Brownies Tiga Bahan, Murah dan Cepat Jadi!

Kendati demikian, sebaiknya tetap teliti ketika membuat brownies. Pasalnya, ada setidaknya 8 kesalahan yang terlihat sepele tapi bisa bikin hasil brownies tak sesuai ekspektasi, melansir INSIDER.

1. Kurang teliti saat baca resep

Sebelum mulai bikin brownies, bacalah resep dengan teliti. Mulai dari bahan yang digunakan sampai takarannya.

Ilustrasi fudgy brownies. PIXABAY/272447 Ilustrasi fudgy brownies.

Misalnya saja ingin bikin fudgy brownies, bahan dan takarannya berbeda dengan brownies cake. Terutama pada penggunaan cokelat.

Selain itu, bisa saja cara pembuatannya berbeda. Hal tersebut akan berpengaruh pada hasil akhir brownies.

2. Tidak menyesuaikan suhu oven dan durasi masak dengan loyang

Resep brownies tak hanya berisi bahan dan cara membuatnya tetapi juga alat panggang yang harus dipakai terutama loyang. Pasalnya, masing-masing takaran bahan disesuaikan dengan loyang yang dipakai.

Misalnya saja, brownies tipis lebih cepat matang dimasak pada loyang panjang dan pendek. Sementara brownies tebal dalam loyang lebih kecil tapi lebih panjang akan matang lebih lama.

Sehingga, selama memanggang harus rutin mengecek apakah adonan sudah matang atau belum. Jangan sampai kurang matang atau terlalu gosong.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber INSIDER
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X