Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Ditutup, Kapan Pendaftaran STIP Dibuka Lagi?

Kompas.com - 14/05/2024, 12:18 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta 2024 benar-benar ditiadakan dan belum ada informasi lagi kapan dibuka.

Penutupan atau moratorium seleksi mahasiswa baru 2024 oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini buntut dari viralnya kasus penganiayaan siswa STIP yang berujung tewas beberapa waktu lalu.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen juga mengatakan, pihaknya belum mendapat informasi mendetail terkait hal ini.

Baca juga: H-1, Cek Cara Membuat Akun SSCASN dan Daftar Sekolah Kedinasan 2024

Begitu pula terkait dengan peniadaan seleksi STIP 2024, pihak BKN belum menerima surat resmi dari Kementerian Perhubungan.

"Besaran formasi yang ada saat ini baru besaran formasi gelondongan, beberapa alokasi untuk masing-masing sekolah itu kita belum dapat. Termasuk juga apakah seleksi STIP akan dibuka tahun ini atau tidak, itu kami juga belum dapat informasi lengkapnya. Namun dari beberapa informasi yang tadi juga disampaikan, kemungkinan besar tahun ini (STIP) tidak buka formasinya," kata Suharmen saat Konferensi Pers Persiapan Pembukaan Seleksi ASN untuk Sekolah Kedinasan 2024, melalui YouTube, Senin, 13 Mei 2024.

Sementara pada konferensi pers, Anggota Subbag Perencanaan, Data, dan Informasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub, Yogi memastikan STIP tidak akan membuka formasinya tahun ini.

“Izin kami konfirmasi bahwa tahun ini STIP tidak membuka formasi untuk pola pembibitan,” ucapnya dalam konferensi.

Ia pun tak menjelaskan lebih lanjut kapan seleksi di STIP dibuka kembali.

Baca juga: Dibuka Mei 2024, Ini Nilai Rapor dan Ijazah Masuk IPDN, STIN, STAN

Sementara, seleksi pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) melalui jalur sekolah kedinasan sudah dibuka mulai Rabu, 15 Mei 2024.

Sekolah kedinasan di bawah Kemenhub saat ini dipastikan memiliki kuota sebanyak 622 formasi. Jika STIP tidak lagi dibuka, apakah kuota STIP dialihkan ke sekolah kedinasan atau tidak juga belum ada info lanjutannya.

Pemerintah telah mengalokasikan kebutuhannya untuk 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan dengan 3.445 formasi.

Terkait moratorium STIP ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat mengunjungi kediaman siswa STIP yang menjadi korban kekerasan.

"Selain itu juga melarang berbagi aktivitas yang dapat mendorong celah terjadinya perundungan. Termasuk salah satunya menghilangkan kepangkatan dan sebutan senior dan junior di dalam sekolah," imbuhnya, dari rilis resmi Kemenhub.

Lalu dalam jangka menengah, laporan yang berbasis digital lebih dioptimalkan agar mengurangi interaksi fisik.

"Kami akan melakukan pembaruan pada pendidikan vokasi di bawah naungan Kementerian Perhubungan," tambah Menhub.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com