Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Billy Mambrasar, Tanpa Syarat IPK dan Raih Rp 500 Ribu Per Bulan

Kompas.com - 04/05/2024, 16:46 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Staf Khusus Presiden RI, yang juga merupakan Duta Pembangunan Berkelanjutan Nasional (SDGs), Billy Mambrasar meluncurkan program beasiswa yang diberi nama "Beasiswa Billy Mambrasar".

Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang lebih baik bagi para generasi muda Indonesia yang berbakat namun kurang mampu secara finansial.

Beasiswa ini merupakan bagian dari komitmen Billy Mambrasar dalam meningkatkan akses pendidikan berkualitas bagi semua anak-anak Indonesia.

Serta sebuah program beasiswa yang bercita-cita menjadi ruang bertumbuh, berdaya, dan berkarya bagi setiap anak bangsa, tanpa terkecuali.

Baca juga: UMN Sediakan Beasiswa S2 Khusus Pekerja Media, Ini Syaratnya

Beasiswa Billy Mambrasar 2024

Dengan visi untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi bangsa dan negara, Billy Mambrasar percaya bahwa investasi dalam pendidikan adalah investasi terbaik yang dapat kita berikan kepada generasi penerus bangsa.

Menurut Billy, sumber daya manusia yang berkualitas merupakan kunci menuju negara maju dan berpendapatan tinggi, dalam hal ini visi Indonesia Emas 2045.

Namun demikian, kesenjangan akses pendidikan masih menjadi salah satu tantangan terbesar bagi negara kita.

"Sebagai seseorang yang lahir dari keluarga dengan ekonomi tidak mampu, saya pun merasakan tantangan tersebut secara nyata. Namun, saya tidak membiarkan ini menjadi penghalang untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Puji Tuhan, saya mendapatkan privilese berbagai beasiswa yang bukan hanya membawa saya keluar dari lingkar kemiskinan, tetapi juga memampukan saya menjadi bermanfaat bagi orang lain," papar pemuda Papua pertama lulusan Harvard ini seperti dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (4/5/2024).

Dia menerangkan, melalui Beasiswa Billy Mambrasar, ia berharap dapat membantu mewujudkan impian anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa harus terkendala oleh faktor ekonomi.

"Saya percaya bahwa setiap anak memiliki potensi yang luar biasa, dan dengan memberikan akses pendidikan yang setara. Kita dapat memberikan mereka kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi secara positif bagi masyarakat dan negara," papar dia.

Beasiswa Billy Mambrasar terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, tanpa minimal semester maupun minimal IPK.

Selain akan memberikan bantuan secara finansial, program ini juga akan memberikan bimbingan dan dukungan akademis kepada para penerima agar dapat meraih potensi maksimal mereka dalam bidang pendidikan.

Baca juga: 4 Beasiswa S2-S3 ke Luar Negeri yang Uang Sakunya Melimpah

Peserta dapat dimentoring langsung oleh Billy Mambrasar, mendapatkan modul pembelajaran gratis dari Thunderbird School of Global Management dan Arizona State University yang bekerjasama dengan Kitong Bisa Internasional.

Selain itu juga berkesempatan melakukan Magang di Yayasan Kitong Bisa dan beberapa perusahaan rekanan Billy Mambrasar, termasuk ke Amerika Serikat bagi yang terpilih.

Adapun beasiswa ini berupa bantuan dana pendukung pendidikan hingga kesempatan magang di Amerika bagi yang terpilih, dengan support dari Kitong Bisa Internasional.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com