Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beasiswa Billy Mambrasar, Tanpa Syarat IPK dan Raih Rp 500 Ribu Per Bulan

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Staf Khusus Presiden RI, yang juga merupakan Duta Pembangunan Berkelanjutan Nasional (SDGs), Billy Mambrasar meluncurkan program beasiswa yang diberi nama "Beasiswa Billy Mambrasar".

Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan yang lebih baik bagi para generasi muda Indonesia yang berbakat namun kurang mampu secara finansial.

Beasiswa ini merupakan bagian dari komitmen Billy Mambrasar dalam meningkatkan akses pendidikan berkualitas bagi semua anak-anak Indonesia.

Serta sebuah program beasiswa yang bercita-cita menjadi ruang bertumbuh, berdaya, dan berkarya bagi setiap anak bangsa, tanpa terkecuali.

Beasiswa Billy Mambrasar 2024

Dengan visi untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi bangsa dan negara, Billy Mambrasar percaya bahwa investasi dalam pendidikan adalah investasi terbaik yang dapat kita berikan kepada generasi penerus bangsa.

Menurut Billy, sumber daya manusia yang berkualitas merupakan kunci menuju negara maju dan berpendapatan tinggi, dalam hal ini visi Indonesia Emas 2045.

Namun demikian, kesenjangan akses pendidikan masih menjadi salah satu tantangan terbesar bagi negara kita.

"Sebagai seseorang yang lahir dari keluarga dengan ekonomi tidak mampu, saya pun merasakan tantangan tersebut secara nyata. Namun, saya tidak membiarkan ini menjadi penghalang untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. Puji Tuhan, saya mendapatkan privilese berbagai beasiswa yang bukan hanya membawa saya keluar dari lingkar kemiskinan, tetapi juga memampukan saya menjadi bermanfaat bagi orang lain," papar pemuda Papua pertama lulusan Harvard ini seperti dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (4/5/2024).

Dia menerangkan, melalui Beasiswa Billy Mambrasar, ia berharap dapat membantu mewujudkan impian anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa harus terkendala oleh faktor ekonomi.

"Saya percaya bahwa setiap anak memiliki potensi yang luar biasa, dan dengan memberikan akses pendidikan yang setara. Kita dapat memberikan mereka kesempatan untuk berkembang dan berkontribusi secara positif bagi masyarakat dan negara," papar dia.

Beasiswa Billy Mambrasar terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, tanpa minimal semester maupun minimal IPK.

Selain akan memberikan bantuan secara finansial, program ini juga akan memberikan bimbingan dan dukungan akademis kepada para penerima agar dapat meraih potensi maksimal mereka dalam bidang pendidikan.

Peserta dapat dimentoring langsung oleh Billy Mambrasar, mendapatkan modul pembelajaran gratis dari Thunderbird School of Global Management dan Arizona State University yang bekerjasama dengan Kitong Bisa Internasional.

Selain itu juga berkesempatan melakukan Magang di Yayasan Kitong Bisa dan beberapa perusahaan rekanan Billy Mambrasar, termasuk ke Amerika Serikat bagi yang terpilih.

Adapun beasiswa ini berupa bantuan dana pendukung pendidikan hingga kesempatan magang di Amerika bagi yang terpilih, dengan support dari Kitong Bisa Internasional.

Selain itu, terbuka pula kesempatan magang di Yayasan Kitong Bisa dan beberapa perusahaan rekanan Billy Mambrasar.

Para penerima beasiswa juga akan mendapatkan mentoring langsung dari Billy Mambrasar yang saat ini menjabat sebgai Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, serta Duta SDGs Indonesia. Benefit dari beasiswa ini antara lain:

  • Bantuan studi sebesar Rp 500.000 per bulan selama satu semester atau Rp 3 juta orang per semester.
  • Mentoring langsung dari Billy Mambrasar
  • Modul belajar gratis dari Arizona State University bekerjasama langsung dengan Yayasan Kitong Bisa
  • Magang di Yayasan Kitong Bisa dan perusahaan ekanan Billy Mambrasar.

Jadwal pelaksanaan beasiswa Billy Mambrasar

  • Pengisian formulir: 2 Mei hingga 30 Juni 2024
  • Mengambil 10 modul wajib secara gratis di Arizona State University: 2 Mei hingga 30 Juni 2024
  • Menonton Series Live IG dan Video "Sekolah dengan Beasiswa e Kampus Top Dunia": 2 Mei hingga 30 Juni 2024
  • Pengumuman peserta lolos tahap I: 3 Juli 2024
  • Tahap II proses wawancara: 5-12 Juli 2024
  • Pengumuman peserta lolos tahap II: 15-22 Juli 2924
  • Tahap III penandatanganan kontrak dan pembekalan penerima beasiswa: 23-30 Juli 2024
  • Pencairan beasiswa dan mentoring proses: 1 Agustus hingga 15 Desember 2024.
  • Data penerima beasiswa masuk database Mantap. Peserta terpilih akan dimagangkan ke Amerika Serikat difasilitasi leh KBF Internasional.

Syarat dan ketentuan untuk mendaftar beasiswa ini antara lain:

1. Follow Instagram @billymambrasar dan TikTok @billymambrasar1

2. Tidak ada syarat IPK yang terpenting cinta Indonesia dan memiliki keinginan kuat mengabdi untuk masyarakat, bangsa dan negara

3. Mahasiswa aktif, dibuktikan dengan KTM

4. Syarat ketentuan tambah, menyelesaikan 10 modul belajar gratis dari Billy Mambrasar yang disediakan oleh Arizona State University.

5. Mengikuti live Instagram Billy Mambrasar membahas tips masuk perguruan tinggi top dunia
Mengisi formulir melalui tautan bit.ly/BEASISWA-BILLYMAMBRASAR2024

https://www.kompas.com/edu/read/2024/05/04/164616971/beasiswa-billy-mambrasar-tanpa-syarat-ipk-dan-raih-rp-500-ribu-per-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke