Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawab Kebutuhan Perawat Profesional, Ukrida Resmi Buka Prodi Baru Pendidikan Profesi Ners

Kompas.com - 09/04/2024, 11:59 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) membuka program studi baru, yaitu Pendidikan Profesi Ners (S1 dan Profesi Keperawatan) untuk menjawab kebutuhan perawat profesional.

Surat keputusan Izin pembukaan prodi ini telah diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta.

Seremoni penyerahan surat keputusan izin pembukaan prodi disampaikan langsung Kepala LLDikti Wilayah III Jakarta Prof. Toni Toharudin kepada Rektor Ukrida Prof. Herman Parung pada Kamis, 4 April 2024 di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Jakarta.

Rektor Ukrida berharap, prodi ini akan ikut andil dalam mendukung cita-cita Ukrida menjadi perguruan tinggi unggul secara nasional dan internasional berdasarkan nilai Kristiani, termasuk dalam bidang ilmu kesehatan.

"Selain itu, keberadaan program studi ini diharapkan dapat menghasilkan profesional yang handal, bukan hanya dalam aspek attitude dan knowledge, akan tetapi juga dalam aspek skills,” ungkap Prof. Herman.

Ketua Prodi Pendidikan Profesi Ners FKIK Ukrida Meylona Verawati Zendrato menegaskan, izin ini memperkuat komitmen Ukrida untuk menghasilkan perawat profesional unggul, caring, dan mencerminkan nilai budaya Loving Enlightening Advanced Determined (LEAD) Ukrida.

Dalam kesempatan sama, Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Ukrida Antonius Ritchi Castilani menjelaskan, persiapan pembukaan Prodi Pendidikan Profesi Ners ini telah dimulai sejak prodi Diploma III Keperawatan memperoleh Akreditasi B pada April 2020.

Berbagai persiapan dilakukan salah satunya membentuk panitia usulan pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Ners pada Juni tahun 2021. Tahap demi tahap dilalui, mulai dari persiapan administrasi pendukung, sumber daya manusia, sarana prasarana dan kurikulum.

Baca juga: 27 Prodi PPG Prajabatan 2024 di Unesa, Mulai PGSD dan Teknik

Pada Februari tahun 2023 pengajuan pertama melalui SIAGA Dikti setelah mendapatkan Surat Rekomendasi dari LLDikti Wilayah III.

Selama tahun 2023, panitia usulan pembukaan merespon tiga kali revisi, dan akhirnya pada 26 Desember 2023 memenuhi semua persyaratan dan memperoleh status siap dievaluasi lapangan yang dilakukan pada 13 Febuari 2024.

Dukungan kurikulum, fasilitas, dan dosen 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com