Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Lolos IISMA 2024 dari Mahasiswa Telkom University

Kompas.com - 03/04/2024, 20:04 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 41 mahasiswa Telkom University berhasil lolos beasiswa Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2024.

Program IISMA 2024 diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) untuk menjalankan pendidikan selama satu semester di kampus terkemuka di luar negeri.

Salah satu awardee IISMA 2024 dari Telkom University membagikan strategi agar lolos beasiswa IISMA dari Kemendikbud Ristek.

Nazwa Tazkia Kirana merupakan mahasiswa S1 Sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri (FRI) 2021 yang berhasil lolos untuk studi di Lomonosov Moscow State University Rusia.

Baca juga: Jumlah Pendaftar Meningkat, Cek Persyaratan IISMA untuk Coba Tahun Depan

Strategi lolos IISMA 2024 ala mahasiswa Telkom University

Nazwa tertarik studi di kampus tersebut karena memiliki course terkait Customer-Centered Innovations with Design Thinking and Lean User Research yang selama ini ingin dia pelajari.

Sebagai seorang product designer selama kurang lebih 3 tahun, Nazwa telah mengikuti berbagai proyek, bahkan membuat produk secara independen untuk pemecahan masalah.

"Namun saya merasa bahwa there is still room for improvement bagi saya untuk mengembangkan sebuah produk secara maksimal. Itulah kenapa saya ingin belajar dari para top-minds di universitas luar negeri dengan produk digitalnya yang sudah begitu inovatif," ungkap Nazwa seperti dikutip dari laman Telkom University, Rabu (3/4/2024).

Nazwa mengungkapkan, beberapa persiapan yang sebaiknya dilakukan bagi pendaftar IISMA. Diantaranya melakukan konfirmasi terkait urusan administratif akademik terkait konversi SKS, extend semester, dan sebagainya.

"Persiapan lain yang penting yaitu belajar, saya mengikuti kelas persiapan tes Duolingo di Languange Center Telkom University selama 1 minggu, les bahasa inggris, mempersiapkan essay dan menganalisa SWOT saya pribadi bersama orang terdekat," bebernya.

Nazwa memiliki strategi khusus hingga dirinya lolos beasiswa IISMA 2024. Dalam proses seleksi IISMA terdapat tiga tahap yaitu English test (Nazwa menggunakan Duolingo), esai, dan interview.

Untuk Engslish test, Nazwa berpesan pada mahasiswa yang mau mendaftar IISMA tahun depan agar menyisihkan waktu untuk mempelajari struktur tes dan strateginya dibandingkan belajar bahasa Inggris secara umum.

Baca juga: Tahapan Wawancara Beasiswa IISMA 2024 Dimulai, Ini Bocoran Materinya

Hal ini karena Duolingo English Test memiliki beberapa tipe pertanyaan yang dapat dirumuskan strateginya di tiap tipe. Hasil tes pasti akan meningkat dibandingkan tanpa strategi.

"Untuk esai, saya rasa yang paling penting adalah bagaimana branding yang kamu ciptakan tentang diri kamu," imbuh Nazwa.

Sedangkan untuk sesi interview, Nazwa menekankan untuk persiapkan pada hal-hal yang tidak terduga. Pahami esai yang dibuat dan buatlah potential questions yang akan ditanyakan.

"Kita juga perlu melakukan riset mengenai negara dan universitas tujuan untuk bisa menjawab pertanyaan tak terduga," tandasnya.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com