Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 PTKIN dengan Jumlah Pendaftar Terbanyak di SPAN PTKIN 2024

Kompas.com - 03/04/2024, 19:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Panitia Seleksi Penerima Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) telah merilis pendaftar jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) 2024.

Ada lima PTKIN dengan jumlah pendaftar terbanyak dan pada urutan pertama adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Berdasarkan data dari sistem admin SPAN-PTKIN, ada 25.699 pendaftar untuk 32 Program Studi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Baca juga: Biaya Kuliah Jalur SPAN PTKIN di UIN Walisongo Semarang

Urutan berikutnya adalah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebanyak 25.573 pendaftar (25 Program Studi), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan 24.904 pendaftar (30 Program Studi), UIN Imam Bonjol Padang dengan 16.383 pendaftar (31 Program Studi), dan UIN Walisongo Semarang dengan 15.691 pendaftar (27 Program Studi).

"Perlu ada penelitian terkait faktor apa saja yang mendorong mendaftar di UIN Bandung. Tapi, jati diri kampus ini sudah dikenal luas masyarakat Indonesia yang menjadi salah satu faktornya," kata Rektor UIN Bandung, Rosihon Anwar dilansir dari laman Kemenag, Rabu (3/4/2024).

"Bagi kami, sebagai pengelola UIN Bandung, hal di atas sekaligus sebagai tantangan untuk memacu diri agar kampus ini semakin memperbaiki tata kelola. Mereka sudah mempercayai masa depan pendidikan tingginya di kampus kami. Tinggal bagaimana kami memelihara kepercayaan ini dengan sebaik-baiknya," sambung dia.

Rosihon mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan kampus di berbagai sektor, termasuk transformasi digital. Mahasiswa baru, begitu masuk akan mendapatkan akun SALAM. Dengan itu, mereka akan dilayani dari sisi akademis.

"Mereka akan mendapatkan pelayanan yang mudah mulai administrasi awal perkuliahan sampai terakhir nanti mendaftar wisuda. Hanya satu akun untuk semua pelayanan akademik. One account for all," jelas dia.

Baca juga: 26 UIN yang Bisa Dipilih pada SNBT 2024

Dari sisi akademis, UIN Bandung juga telah menyiapkan para dosen professional. Mereka secara berkala terus meningkatkan kapasitas dirinya. Fasilitas kampus juga secara bertahap terus diperbaiki dan ditambah.

"Untuk mahasiswa baru yang lulus melalui jalur hafalan Al Quran, bahkan telah disiapkan asrama untuk mereka," ungkap dia.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung, lanjut Rosihon, juga terus meningkatkan kualitas layanan digital.

Tujuannya, memudahkan mahasiswa dalam melakukan bimbingan dan konsultasi dengan dosen dan pembimbing, atau dengan pimpinan.

"Kami terus berusaha agar mereka terbina secara keilmuan dan etika, serta wawasan kebangsaan dan moderasi beragama. Kami meneliti, rapat, berpikir, melakukan studi banding, dan berdiskusi. Semuanya demi menjamin mereka mendapatkan yang terbaik dari kami," ujar dia.

Baca juga: 7 Universitas Islam Negeri Terbaik Versi EduRank, UIN Jakarta Teratas

"Berbagai fasilitas yang mendukung telah disiapkan untuk mereka. Ruang kelas yang nyaman, beberapa taman untuk diskusi atau sekedar nongkrong, fasilitas wifi, dan tentu saja beberapa lokasi instragamable. Selamat bergabung dengan UIN Bandung. Kampus unggul, kompetitif, dan moderat," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com