Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Pilihan Kampus di Semarang, Ada Undip, UIN, sampai Akpol

Kompas.com - 18/03/2024, 12:55 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak Perguruan Tinggi yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah dan bisa dipilih calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Memilih kuliah di Semarang bisa menjadi pilihan siswa SMA dan SMK. Sebab, biaya kuliah dan biaya hidup di kota ini juga termasuk cukup terjangkau.

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, ada 9 kampus di Semarang yang bisa dipilih untuk kuliah tahun 2024, mulai dari universitas, politeknik, dan sekolah kedinasan yang dinaungi Polri dan Kementerian. 

Baca juga: 15 Kampus Terbaik di Malang Versi UniRank 2024, Ada 3 PTN

Daftar 9 PTN di Semarang

1. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip adalah salah satu PTN di Semarang yang bisa kamu miliki. Ada 11 Fakultas dan satu sekolah vokasi yang bisa dipilih.

2. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebelumnya bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang. Kampus ini berlokasi di Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ada sembilan fakultas yang bisa dipilih dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau bagi siswa jalur SNBP sampai mandiri. Salah satu fakultas yang baru berdiri tahun 2023, ialah Fakultas Kedokteran.

3. Universitas Negeri Islam (UIN) Walisongo Semarang

Universitas Negeri Islam Semarang mempunyai tiga kampus dengan delapan fakultas S1 dan satu fakultas S2.

Baca juga: Contoh Soal TPS di UTBK SNBT 2024, Ada Empat Subtes

4. Politeknik Negeri Semarang (Polines)

Politeknik Negeri Semarang (Polines) berdiri bersamaan dengan politeknik lain yang ada di Kota Medan, Palembang, Jakarta, Bandung dan Malang pada tahun 1979.

Kampus Polines berlokasi di Jl. Prof. Sudarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.Meskipun berstatus politeknik, kampus negeri di Semarang ini menyediakan jenjang D3 sampai S1.

5. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang

Poltekkes Kemenkes Semarang awalnya adalah gabungan dari 11 Akademi Kesehatan milik Departemen Kesehatan RI di Provinsi Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 2001 dengan nama Politeknik Kesehatan Depkes Semarang, kemudian berubah menjadi Poltekkes Kemenkes Semarang pada tahun 2010.

Poltekkes Kemenkes Semarang bisa jadi pilihan buat kamu yang bercita-cita jadi seorang tenaga kesehatan, karena di sini kamu bisa pilih 38 prodi bidang kesehatan dari 8 jurusan.

6. Akademi Kepolisian (Akpol)

Akpol juga termasuk perguruan tinggi milik Polri. Mahasiswa di Akpol disebut sebagai Taruna. Mereka akan menjalani program pendidikan untuk menjadi perwira polisi selama 4 tahun. Setelah lulus, Taruna atau Taruni Akpol akan memperoleh pangkat Inspektur Dua (Ipda).

7. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang)

Selain Akmil, ada juga sekolah kedinasan milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

PIP Semarang memberikan kesempatan lebih besar bagi lulusannya lulus jadi CPNS.

8. Politeknik Pekerjaan Umum Semarang (Poltek PU Semarang)

Politeknik Pekerjaan Umum Semarang (Poltek PU Semarang) merupakan kampus negeri yang dibawahi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com