Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.277 Mahasiswa Berhasil Lolos Beasiswa IISMA 2024

Kompas.com - 31/03/2024, 19:07 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 2.277 mahasiswa telah dinyatakan lolos seleksi beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024.

Adapun kuota yang disediakan untuk calon penerima beasiswa IISMA yakni sebanyak 3.000 mahasiswa.

"Tim IISMA mengucapkan selamat kepada semua mahasiswa yang berhasil terpilih untuk mengikuti program IISMA, baik dalam skema reguler maupun afirmasi," kata Kepala Program IISMA, Rachmat A. Sriwijaya dikutip dari laman resmi Kemendikbud Ristek, Jumat (29/3/2024) lalu.

Rachmat mengatakan, pemerintah memang sengaja menaikan target penerima beasiswa di tahun 2024 yakni sebesar 3.000 mahasiswa.

Baca juga: Jumlah Pendaftar Meningkat, Cek Persyaratan IISMA untuk Coba Tahun Depan

Target itu naik sebesar 51 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka sekitar 1.500 mahasiswa.

Menurut Rachmat, dari jumlah yang diterima tahun ini, sebanyak 2.030 kursi diisi oleh mahasiswa jalur reguler dan 247 kursi diisi oleh mahasiswa jalur afirmasi.

"Para awardee (penerima beasiswa) ini akan dikirim ke ratusan perguruan tinggi yang tersebar di 30 negara," ujarnya.

Pada tahun 2024, lanjut Rachmat, IISMA sudah melakukan seleksi calon penerima beasiswa melalui tiga skema yaitu reguler, afirmasi, dan co-funding.

Baca juga: Tahapan Wawancara Beasiswa IISMA 2024 Dimulai, Ini Bocoran Materinya

Skema reguler merupakan beasiswa penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk semua mahasiswa.

Sementara afirmasi juga merupakan beasiswa penuh Kemendikbud Ristek. Namun dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal tahun 2020-2024.

Penerima beasiswa afirmasi juga biasanya juga merupakan mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah atau mahasiswa penerima Bidikmisi.

"Dengan penambahan kuota dan variasi skema pendaftaran, IISMA semakin memberikan peluang yang lebih luas kepada seluruh mahasiswa di berbagai penjuru Indonesia untuk merasakan belajar di luar kampus selama satu semester di perguruan tinggi terkemuka di dunia," tutur Rachmat.

Rachmat pun mengimbau mahasiswa yang lolos seleksi beasiswa IISMA untuk aktif memeriksa informasi terbaru melalui email maupun portal masing-masing.

Baca juga: Pecah Rekor, Pendaftar Beasiswa IISMA 2024 Capai 15.211 Orang

Hal itu dilakukan guna memastikan keterlibatan peserta dalam setiap tahapan selanjutnya dari program IISMA.

"Pada program IISMA 2024, telah dilakukan upaya pembenahan dan penyesuaian berdasarkan masukan dari berbagai sumber yang diharapkan dapat memberikan nuansa baru yang lebih baik," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com