Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecah Rekor, Pendaftar Beasiswa IISMA 2024 Capai 15.211 Orang

Kompas.com - 19/03/2024, 13:33 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 15.211 mahasiswa telah mendaftar beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2024.

Dikutip dari laman resmi Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), dari angka tersebut sebanyak 12.268 mahasiswa pendaftar untuk jalur sarjana dan 2.943 mahasiswa pendaftar jalur vokasi.

"Dari program IISMA 2023 batch Juni, jumlah mahasiswa yang mengikuti IISMA mencapai ribuan orang. Para awardee IISMA tersebar di 14 negara dengan total host university sebanyak 29 perguruan tinggi," kata Direktur Akademisi Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja dikutip dari Ditjen Dikti Kemendikbud, Selasa (19/3/2024).

Baca juga: Beasiswa S1 di 4 Kampus Terbaik Singapura 2024, Kuliah Gratis-Tunjangan

Beny mengatakan, pendaftar IISMA sejak dibuka pada tahun 2021 terus menerus mengalami peningkatan pendaftar.

Pada tahun 2021, pendaftar IISMA mencapai 2.551, kemudian tahun 2022 jumlah pendaftar meningkat lagi tiga kali lipat yakni sebanyak 7.522 mahasiswa mendaftar untuk jalur sarjana dan 3.506 mahasiswa bergabung dalam jalur vokasi.

"Peningkatan yang pesat ini menegaskan daya tarik dan relevansi program IISMA yang terus memberikan peluang pendidikan berkualitas untuk mahasiswa sarjana maupun vokasi," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek, Prof. Sri Suning Kusumawardani menilai, peningkatan jumlah pendaftar menjadi salah satu indikator keberhasilan program IISMA.

Mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman akademis yang berharga, namun juga membangun hubungan lintas batas yang memperkaya perspektif mereka.

Baca juga: Beasiswa S1 Google 2024 Sudah Dibuka, Ada Tunjangan Rp 117 Juta

Ia pun berharap hasil yang bisa diaplikasikan penerima beasiswa IISMA bisa memberikan kontribusi pada negara.

Mengingat, kata Prof. Suning, penerima beasiswa IISMa tidak hanya belajar secara akademik tetapi juga belajar di luar kelas yang membuka sudut pandangnya tentang dunia.

"Ini tidak hanya pengalaman yang akan memperkaya kalian, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa kita," jelas Prof. Suning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com