Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPDP-BRIN Buka Beasiswa S2-S3 Bidang Nuklir, Simak Cara Daftarnya

Kompas.com - 03/03/2024, 12:05 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berkolaborasi dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang nuklir.

Mereka berkolaborasi memberikan beasiswa S2-S3 melalui skema LPDP Targeted untuk pengembangan dunia nuklir Indonesia.

Direktur Manajemen Talenta BRIN, Raden Arthur Ario Lelono mengatakan, tujuan dari skema LPDP Targeted ini merupakan solusi inovatif untuk menjawab berbagai tantangan dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Australia Awards 2024, Tanpa Batas Usia dan Kuliah Gratis

"Melalui skema ini, BRIN akan memberikan dukungan penuh kepada para talenta muda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister dan doktor di perguruan tinggi ternama di luar negeri," kata Arthur dikutip dari laman resmi BRIN, Minggu (3/3/2024).

Arthur mengatakan, LPDP bekerja sama dengan perguruan tinggi dan profesor yang memiliki kepakaran di bidang terkait untuk memastikan kualitas program dan penelitian.

Menurut Arthur, pengadaan beasiswa ini merupakan bukti komitmen BRIN dalam membangun talenta muda yang akan menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

"LPDP Targeted bertujuan untuk meningkatkan minat dan kualitas penelitian di bidang-bidang prioritas nasional," ujarnya.

Adapun program ini menawarkan beasiswa magister dan doktor untuk 500 kandidat di empat bidang riset, yakni Advanced Biodiversity Utilization (200 kandidat).

Kemudian Deep Sea and Maritime (30 kandidat), Radiation and Nuclear Technology (170 kandidat) dan Space and Aeronautics (100 kandidat).

Penerima beasiswa LPDP Targeted, pada pada program ini diwajibkan mengikuti program pendidikan yang dibangun berbasis kolaborasi antara BRIN dengan Universitas.

Baca juga: Beasiswa S2 Ajinomoto 2024 Kuliah Gratis ke Jepang, Tunjangan Rp 228 Juta

 

Cara daftar beasiswa LPDP Targeted BRIN

Apabila berminat mendaftar beasiswa LPDP Targeted, kamu bisa mengikuti cara berikut:

1. Mendaftar secara online pada situs

Pendaftaran beasiswa LPDP https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.

  • Persyaratan sponsor pendanaan.
  • Persyaratan dokumen fisik ijazah.
  • Persyaratan dokumen fisik transkrip nilai jenjang sebelumnya dan/atau.
  • Persyaratan tambahan lain yang tidak berisiko mengubah status diterimanya orang tersebut sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju.

Baca juga: Syarat Beasiswa S2 Kominfo 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku Bulanan

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

4. Pendaftar Beasiswa LPDP yang melampirkan LoA dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA.

5. Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai ketentuan LPDP, maka dianggap tidak memenuhi kriteria pendaftaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com