Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Lihat Hasil SPAN PTKIN 2024, Diumumkan Hari Ini

Kompas.com - 02/04/2024, 12:34 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengumuman hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) diumumkan hari ini, Selasa (2/4/2024).

Pengumuman SPAN PTKIN 2024 bisa dilihat mulai jam 14.00 WIB melalui laman yang tersedia.

Jalur SPAN PTKIN adalah seleksi masuk yang dibuka oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan sistem seleksi berdasarkan prestasi akademik seperti nilai rapor dan prestasi lainnya.

SPAN PTKIN merupakan jalur pertama dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PTKIN 2024.

Baca juga: Kapan UM PTKIN 2024 Dibuka? Ini Jadwal, Syarat, dan Biaya Daftarnya

Jika dinyatakan tidak lolos, maka siswa masih berkesempatan daftar Ujian Mandiri PTKIN 2024.

Link pengumuman SPAN PTKIN 2024

Pengumuman hasil seleksi SPAN PTKIN 2024 dapat dilihat secara online melalui laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/page. Berikut caranya:

1. Akses laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/page

2. Masukan nomor pendaftaran SPAN PTKIN

3. Setelah itu, hasil seleksi akan terlihat di halaman utama. 

Baca juga: 5 UIN, IAIN, dan STAIN Terbaik di Indonesia, buat Daftar PTKIN 2024

Cara daftar UM PTKIN

Gagal lolos SPAN PTKIN? Masih ada UM PTKIN. Pendaftaran dibuka pada 17 April s.d. 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB dengan biaya pendaftaran adalah Rp 200.000. Berikut cara daftarnya:

1. Mendaftar akun UM PTKIN dan pilih ‘Daftar’ untuk peserta yang memiliki NISN dan belum punya akun SPAN PTKIN. Username dan password akan didapat setelah mendaftar dan dikirim melalui email yang dicantumkan saat mendaftar akun UM PTKIN.

2. Pilih ‘Login’ dan gunakan username/NISN serta password

3. Isi biodata secara online di https://um.ptkin.ac.id/ sampai memperoleh invoice dan nomor virtual account, juga informasi nominal yang harus dibayar sekaligus cara membayarnya.

4. Peserta membayar melalui Bank Mandiri atau lainnya. Jika melalui Bank Mandiri, pembayaran bisa melalui teller, ATM, atau Livin by Mandiri. Namun, jika membayar selain Bank Mandiri, pembayaran bisa dilakukan di ATM bank lain dan transfer dengan nomor rekening tujuan ke virtual account.

5. Peserta memperoleh bukti pembayaran.

6. Peserta kembali melakukan pendaftaran online di www.um.ptkin.ac.id dengan login kembali untuk memilih prodi, lokasi ujian, hingga cetak kartu peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com