Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Senior di Jogja Ini Lulus S3 di UNY dengan IPK 3,87

Kompas.com - 01/04/2024, 16:50 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Lama berkecimpung di industri media massa, tak menyurutkan semangat wartawan senior di Jogja ini menempuh pendidikan akademik hingga ke jenjang tertinggi.

Ronny Sugiantoro MM CHE, wartawan senior di salah satu koran tertua di Indonesia, Kedaulatan Rakyat ini berhasil meraih gelar Doktor (S3) di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta).

Di usianya yang tak lagi muda yakni 64 tahun, Ronny berhasil meraih gelar Doktor Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan IPK 3,87 dan hasil ujian disertasi 90,8.

Semangat dan kedisiplinan selama menempuh studi membuat Ronny bisa menyelesaikan studi S3 dengan predikat Cumlaude dalam waktu 2 tahun 2 bulan saja.

Baca juga: 5 Prospek Karier Jurusan Jurnalistik Selain Jadi Wartawan

Tema disertasi soal penulisan feature di media online

Kepada Kompas.com, Ronny mengatakan, media massa memiliki peranan penting untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat.

Tema ini pula yang menjadi bahasan dalam disertasinya yang berjudul "Penulisan Feature Pariwisata di Media Online, Analisis Wacana Kritis".

Menurutnya, media harus mampu menyajikan pesan atau berita yang diinginkan oleh pembaca. Tidak hanya dari konten namun juga termasuk bagaimana teknis penyampaian berita itu sendiri.

Baca juga: Dosen UNY: Orangtua Jangan Paksa Anak Pilih Jurusan Tertentu

Wartawan senior yang juga dosen

Ronny menekankan, saat ini dalam penulisan berita tidak hanya mementingkan pendekatan seleksi, tetapi lebih kepada pendekatan pembentukan berita atau creation of news.

"Artinya wartawan sendiri yang membentuk peristiwa, termasuk dalam penulisan yang mengangkat feature pariwisata," kata Ronny, Senin (1/4/2024).

Wartawan yang juga dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta (STIPARM) ini menerangkan, pengaruh luar biasa dari liputan dan penulisan pariwisata di media online menggunakan gaya penulisan bebas, lugas namun komunikatif, persuasif dan terkadang provokatif, berdampak pada meningkatnya minat pengunjung ke destinasi wisata.

"Pemilihan kata dalam bahasa yang persuasif, sangat berperan penting dalam mengemas materi promosi," beber Ronny.

Ia menambahkan, gaya penulisan wartawan dalam mengemas feature pariwisata menambah daya tarik pengunjung ke destinasi wisata.

Baca juga: Jadwal Daftar Ulang SNBP 2024 di UNY, Catat Tanggal Penentuan UKT

Sementara itu salah satu penguji dari UNY Prof. Dr Maman Suryaman menyampaikan, Dr Ronny Sugiantoro merupakan Doktor ke-87 dari Program Doktor pada Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya UNY.

Selain itu, Ronny juga tercatat sebagai Doktor ke-112 dari Program Doktor pada Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com