Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SAS Institute dan UNJ Gelar Peluncuran Buku Biografi 70 Tahun Prof. Said Aqil Siroj

Kompas.com - 22/02/2024, 19:08 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Said Aqil Siroj (SAS) Institute dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjalin kolaborasi dalam menggelar peluncuran dan bedah buku “Kiai Pesantren Membangun Peradaban: 70 Tahun Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA”.

Buku ini merupakan karya Sa’dullah Affandy, dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Sosial UNJ dan juga Direktur Eksekutif SAS Institute.

Bedah buku menghadirkan narasumber yakni Fachry Ali, Prof. Nadirsyah Hosen, dan Prof. Rokhmin Dahuri. Pada kegiatan ini Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin memberikan sambutan melalui tapping video secara daring.

Pada sambutan pembuka, Rektor UNJ, Prof. Komarudin mengatakan, sosok Buya Said adalah ulama dan guru bangsa yang pemikirannya orisinil dan komprehensif.

"Beliau merupakan jembatan dan teladan dalam memperjuangkan keislaman yang moderat dalam bingkai kebhinekaan NKRI," tegas Prof. Komarudin.

"Buku biografi Prof. Said Aqil Siroj yang ditulis oleh Dr. Sa’dullah Affandy ini menjadi oase pembuka sekaligus petunjuk jalan bagi generasi kedepan, khususnya mengenai Islam Nusantara," tambah Prof. Komarudin.

Dalam kesempatan sama, Prof. Said Aqil Siroj mengatakan bahwa kehadiran buku biografi ini bukan bermaksud untuk pamer, apalagi membanggakan diri. "Semata-mata hanya sekedar catatan perjalanan hidup saya yang penuh liku, baik yang sukses maupun yang tidak," ungkapnya.

"Dari buku ini, semoga ada yang bisa diambil manfaat dan hikmahnya untuk menjadi pelajaran para pembaca, khususnya anak-cucu saya dan santri-santri saya sendiri," ujar Prof. Said Aqil Siroj.

Tokoh Istimewa NU

Buku karya Sa’dullah Affandy ini terdiri dari lima bab yang secara beruntun bercerita tentang perjalanan hidup Prof. Said Aqil Siroj.

Baca juga: Ajak Masyarakat Pahami Pemikiran Bung Karno, DPD PDI-P Jatim Gelar Bedah Buku Merahnya Ajaran Bung Karno

 

Bagian pertama berisi riwayat hidup, bab kedua mengulas perjuangan dan pemikiran, bab ketiga meneguhkan sikap nasionalisme, bab keempat mengenai membangun keindonesiaan, dan bab kelima konsistensi bersikap dan bertindak.

Buku ini juga dilengkapi lampiran pidato pada Pembukaan Muktamar Ke-34 NU di Bandar Lampung 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com