Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkaya Pembelajaran Siswa, SWA dan Peking University Gelar Program Pertukaran Pelajar

Kompas.com - 19/02/2024, 13:16 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tahun 2024 ini, Sinarmas World Academy (SWA) kembali menggelar Student Exchange Programme secara offline setelah sebelumnya sempat terhenti sebagai dampak dari pandemi global Covid-19.

 

Program Pertukaran Pelajaran SWA tahun ini menggandeng Peking University (PKU) dan digelar pada 20 Januari hingga 2 Februari 2024.

Anton Mailoa, Board Chairman Sinarmas World Academy melalui rilis resmi (19/2/2023) menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menguatkan kemitraan yang telah terbina dengan baik antara SWA dan PKU.

Ia juga menyampaikan, kemitraan eksklusif antara Sinarmas World Academy dan Peking University meliputi pengembangan Kurikulum Bahasa Mandarin dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas.

"Selain pengembangan kurikulum, kemitraan ini juga melibatkan rekrutmen guru, pertukaran pelajar, dan dukungan penuh dari Peking University bagi siswa berprestasi SWA yang bercita-cita melanjutkan pendidikan di universitas tersebut," ungkap Anton Mailoa.

Lebih jauh Anton Mailoa mengatakan, tahun 2024 menandai kembalinya program ini dengan kedatangan siswa dan guru dari Peking University Middle School ke kampus Sinarmas World Academy di BSD, Tangerang.

"Kolaborasi dan interaksi dalam pertukaran pelajar ini diharapkan memberikan pengalaman berharga bagi murid dan guru, tidak hanya dalam bidang ilmu pengetahuan tetapi juga dalam memahami budaya dan keindahan Indonesia," ujarnya. 

Tahun ini, SWA telah merancang program pertukaran pelajar dengan lebih beragam. Para murid PKU Middle School diajak untuk menjelajahi sumber daya alam dan kebudayaan di Pekanbaru, Perawang, dan Bogor.

Kolaborasi dengan PT. Indah Kiat Pulp and Paper di Pekanbaru memberikan kesempatan kepada peserta mengamati proses produksi kertas secara langsung. 

Baca juga: Disdik Jabar Buka Opsi Pembelajaran Online bagi Sekolah Terdampak Gempa Sumedang

Siswa juga diajak berpartisipasi dalam eksperimen laboratorium bioteknologi, di mana mereka belajar tentang ekstraksi DNA dan mengamati keanekaragaman serangga tropis di hutan.

Memperkaya Pembelajaran

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com