Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adistyana Pitaloka Raih Doktor UNJ lewat Gamifikasi Pembelajaran untuk Siswa Inklusi

Kompas.com - 26/01/2024, 09:29 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi S3 Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar Ujian Terbuka Promosi Doktor Pendidikan Dasar (Dikdas) Promovendus (sarjana yang menyusun disertasi) Adistyana Pitaloka Kusmawati.

Adistyana Pitaloka merupakan Guru Sekolah Luar Biasa dari Kabupaten Subang, Jawa Barat yang masih berusia 30 tahun.

Ujian terbuka tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada Kamis, 25 Januari 2024, karena Adistyana sedang berada di negara Inggris mendampingi suami yang juga dosen Prodi PPKN Fakultas Ilmu Sosial UNJ dan sedang menempuh studi doktoral.

Adistyana Pitaloka mengangkat judul disertasi “Pengembangan Model Pembelajaran Gamifikasi berbasis Response to Intervention (RTI) Bagi Siswa Dengan Hambatan Konsentrasi di Sekolah Dasar Inklusi”.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran gamifikasi berbasis responds to intervention bagi siswa dengan hambatan konsentrasi di sekolah dasar inklusi.

Menurutnya, adanya kebijakan Pemerintah Republik Indonesia mengenai sekolah dasar inklusi menjadi tantangan baru bagi para guru agar terus berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran.

Adistyana Pitaloka menilai, gamifikasi dapat menjadi salah satu alternatif dalam proses transfer ilmu kepada siswa di sekolah dasar.

Selain itu, hambatan konsentrasi juga menjadi salah satu permasalahan utama dimana para siswa memiliki kesulitan ketiga mempelajari dan mencerna materi yang disampaikan oleh guru.

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di beberapa sekolah dasar negeri di Kabupaten Subang, Jawa Barat menyebutkan bahwa mata pelajaran matematika menjadi salah satu materi yang sulit bagi siswa.

Baca juga: Disdik Jawa Barat Alih Statuskan 6 SLB Jadi Sekolah Negeri pada 2023

 

Untuk itu, guru perlu untuk dapat melakukan inovasi dalam pembelajaran tersebut.

Berawal dari kegelisahan guru pada studi pendahuluan tersebut, Adistyana Pitaloka mengembangkan media pembelajaran gamifikasi dengan konten mengenai pembelajaran matematika bagi siswa sekolah dasar.

Masuk Publikasi Jurnal Internasional

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com