Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu "Father Hunger" dan Cara Mencegahnya Menurut Dosen UMM

Kompas.com - 18/02/2024, 16:56 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Keberadaan ayah menjadi sosok penting bagi anak di dalam keluarga. Namun karena berbagai faktor, seringkali terjadi ketiadaan sosok ayah.

Bisa karena kesibukkan ayah bekerja atau karena ayahnya telah meninggal dunia. Ketiadaan sosok ayah di rumah ini menyebabkan figur ayah di rumah terasa kurang dan membuat ikatan emosional antar ayah dan anak juga berkurang.

Dosen Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Nandy Agustin Syakarofath menjelaskan hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab anak mengalami father hunger.

Baca juga: Tips Meluapkan Marah Tanpa Menyakiti Orang Lain ala Dosen UMM

Apa itu father hunger?

Apa itu father hunger? Hal ini perlu diketahui masyarakat Indonesia. Nandy menjelaskan father hunger adalah kondisi ketika anak merasakan tekanan psikologis karena ketiadaan figur seorang ayah.

Menurutnya, ketiadaan sosok ayah dalam keluarga bisa karena meninggal, perceraian atau ketidakberfungsian peran dari ayah itu sendiri dalam pengasuhan. Akibatnya seperti melakukan kekerasan fisik atau psikologis.

Dia mengungkapkan, pada riset terdahulu menyebutkan bahwa keterlibatan ayah dalam rumah tangga mampu berkontribusi dalam mewujudkan keluarga yang tangguh. Maksud dari tangguh adalah bisa membuat setiap individunya mampu mengatasi berbagai permasalahan.

"Jika terjadi sebaliknya, maka keluarga akan menjadi rentan, bahkan dapat menjadi penyumbang berbagai persoalan psikologis yang dihadapi oleh setiap anggotanya termasuk istri dan anak," terang Nandy seperti dikutip dari laman UMM, Minggu (18/2/2024).

Dia menekankan, orangtua memiliki fungsi utama yang wajib diberikan pada anak, yaitu asah, asuh dan asih.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran Ubaya, UMM, UWKS dan UKWM Surabaya

Fungsi utama orangtua, asah, asuh dan asih

 

Asah artinya memberikan bimbingan hidup atau pengajaran sehingga anak terlatih serta memiliki skill dan tuan yang jelas.

Asih adalah pemenuhan kebutuhan dasar sebagai manusia untuk mendapatkan cinta kasih dari orang terdekatnya, yang dapat dirasakan melalui kontak fisik dan kontak batin.

Sementara asuh adalah pemenuhan kebutuhan hidup dalam membersamai tumbuh kembang anak hingga dewasa dan seterusnya. Misalnya saja memberikan makanan, pakaian, tempat tinggal, pendidikan dan fasilitas yang layak bagi anak sehingga mereka merasa aman dan nyaman.

Apabila ketiga fungsi atau peran tersebut tidak diberikan oleh ayah atau ibu, maka anak akan mengalami berbagai masalah atau isu kesehatan mental seperti masalah emosi, perilaku, konflik teman sebaya, hiperaktivitas hingga persoalan perilaku prososial.

"Bahkan anak dapat mengalami kecemasan, depresi hingga bunuh diri. Jadi ayah dan ibu sama-sama memiliki kedudukan penting dalam kehidupan keluarga terutama bagi anak-anaknya," papar Nandy.

Nandy memberikan beberapa tips mencegah dampak negatif dari father hunger.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com