Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UMM Beri Tips Atur Keuangan Sebelum Nikah untuk Generasi Muda

Kompas.com - 09/02/2024, 21:00 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dosen UMM, Ratna Shafira Arifiani menyatakan, untuk mewujudkan keuangan yang stabil, maka perlu manajemen yang baik sedari awal pernikahan.

Menurut dia, bagi orang yang belum menikah, maka perlu membahas pandangan dan prioritas keuangan secara menyeluruh.

Hal ini mencakup strategi mengelola tabungan, alokasi dana, dan pengeluaran. Tujuannya, agar terhindar dari perilaku boros yang dapat merugikan keuangan keluarga di masa depan.

Baca juga: Dosen UMM Kasih 5 Tips Jalani Investasi Emas pada 2024

"Setiap pasangan memiliki pemahaman yang berbeda. Sehingga, keterbukaan menjadi kunci dalam mengelola keuangan keluarga. Hal ini bukan hanya soal penghasilan saja, melainkan juga mengenai tabungan, aset yang dimiliki, dan lain-lain," kata dia dilansir dari laman UMM, Jumat (9/2/2024).

Kemudian, penting untuk menetapkan anggaran bulanan yang terstruktur. Dalam hal ini, dapat melibatkan pasangan untuk mendiskusikan tentang pos anggaran yang menjadi prioritas dan yang perlu dibatasi.

Contohnya, anggaran untuk kebutuhan pokok seperti listrik, air, hingga alokasi dana untuk keperluan sosial setiap bulan.

Ratya menekankan pentingnya memiliki dana darurat yang hanya digunakan dalam keadaan genting atau mendesak.

Menyisihkan sebagian gaji secara teratur untuk dana darurat sangat diperlukan, baik dalam bentuk tunai maupun rekening terpisah. Tentu, cara ini akan membantu membangun ketahanan keuangan keluarga.

"Mengelola dana darurat juga bisa dalam bentuk investasi emas. Alasannya, investasi emas dengan harga yang stabil bisa menjadi alternatif bagi yang menginginkan tingkat risiko rendah. Namun, hal ini tetap disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing pasangan," ujar dia.

Baca juga: 6 Cara Mengajarkan Literasi Keuangan pada Anak

Selain itu, adanya reksa dana memberikan kemudahan akses bagi pasangan muda untul merencanakan keuangan.

Apalagi mengingat ada banyak aplikasi yang tersedia. Hal ini tentu memudahkan pasangan muda dalam proses membuka dana dan merencanakan investasi secara lebih efisien.

Di akhir, dia menekankan pentingnya financial planning sejak sebelum menikah. Bukan hanya investasi keuangan, tetapi juga sebagai investasi jangka panjang dalam hubungan.

Baca juga: UGM Sediakan 9 TPS Khusus buat Mahasiswa pada Pemilu 2024

"Konsistensi, komitmen, dan keterbukaan dalam mengelola keuangan akan membantu pasangan muda membangun masa depan yang kokoh," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com