Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih dan Ganti Prodi Saat Mendaftar SNBP 2024

Kompas.com - 14/02/2024, 12:22 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2024 sudah dibuka mulai 14 Februari 2024.

Semua siswa SMA dan SMK yang dinyatakan eligible dan sekolahnya telah mengisi PDSS bisa mendaftar jalur nasional tanpa tes ini sampai 28 Februari 2024.

Saat mendaftar SNBP, siswa diizinkan memilih program studi atau prodi maksimal dua. Kamu juga bisa memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akademik, vokasi, maupun PTN keagamaan.

Baca juga: 44 PTN Buka Prodi Baru untuk Program D4 dan S1 pada SNBP 2024

Ketika memilih prodi di laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) kamu bisa saja menemui kendala. Misalnya bingung bagaimana cara memilih jurusan atau saat salah memilih prodi.

Berikut ini informasi mengenai cara memilih jurusan saat mendaftar SNBP 2024 dan cara mengganti prodi pilihan yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Cara memilih jurusan di SNBP 2024

Semua siswa yang sudah membuat akun SNPMB, bisa langsung mengakses laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ lalu ikut tahapan ini:

1. Silakan pilih salah satu PTN atau Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom "Pilihan PTN/Politeknik Negeri", setelah itu akan muncul Daftar Prodi yang bisa dipilih oleh siswa.

2. Program studi yang akan muncul adalah seluruh jurusan karena batasan syarat jurusan (IPA, IPS, ataupun Bahasa) untuk prodi tertentu pada PTN/Politeknik Negeri sudah tidak ada lagi.

3. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau Politeknik Negeri atau dua PTN atau Politeknik Negeri.

Baca juga: 7 PTN Pulau Jawa Buka Jurusan Kedokteran Baru pada SNBP 2024

Aturan umumnya adalah jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Jika hanya memilih satu program studi, siswa dapat memilih PTN/Politeknik Negeri
yang berada di provinsi manapun. Aturan ini dikecualikan untuk:

  • Siswa yang berasal dari SMA Luar Negeri, pilihan program studinya pada PTN/Politeknik Negeri bebas bisa di manapun (tidak harus salah satu berada di Provinsi DKI Jakarta seperti tahun sebelumnya) baik itu dua pilihan program studi atau satu pilihan program studi.
  • Siswa lulusan dari Provinsi Papua Tengah dan Papua Pegunungan yang hendak memilih dua program studi, salah satu pilihan program studi harus memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi Papua manapun (tidak dibatasi harus berada di provinsi Papua Tengah atau Papua Pegunungan saja). Sementara pilihan lainnya (yang kedua) mengikuti aturan umum.

4. Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio.

Jika kolom Portofolio bertuliskan keterangan “-“, artinya prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio.

5. Jika sudah memilih prodi, silakan tekan Simpan Semua Pilihan pada tombol di kanan atas.

6. Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut jika pilihan prodi Anda tidak membutuhkan isian portofolio

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com