Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Punya Kartu Indonesia Pintar Bisa Daftar KIP Kuliah, Ini Caranya

Kompas.com - 13/02/2024, 17:40 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 sudah dibuka mulai 12 Februari 2024.

Bantuan kuliah gratis sampai lulus ini akan menyasar ke 985.577 mahasiswa. Adapun 200.000 di antaranya merupakan calon penerima baru.

Salah satu syarat mendaftar KIP Kuliah adalah memiliki Kartu Indonesia Pintar sejak SMA atau SMK.

Lalu bagaimana bila tidak punya KIP? Apakah tetap bisa mendaftar KIP Kuliah? Mengenai hal itu, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puslapdik, Abdul Kahar angkat suara.

Dia mengatakan siswa yang tak punya KIP saat sekolah bisa mendaftar KIP Kuliah.

Saat ini saja, belum semua siswa lulusan SMA sederajat memiliki KIP sekolah menengah atau terdata dalam basis data kesejahteraan sosial.

Baca juga: Cara Cek Desil 1, 2, dan 3 buat Daftar KIP Kuliah 2024

Oleh karena itu, jika calon penerima tidak memenuhi empat kriteria KIP Kuliah, yakni lulusan SMA, SMK, dan gap year, lolos masuk perguruan tinggi, berasal dari keluarga tidak mampu, dan berasal dari panti asuhan atau panti sosial, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah 2024 selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin.

Namun tetap sesuai dengan ketentuan yang dibuktikan dengan adanya:

a. Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000.

b. Bukti keluarga miskin dalam bentuk Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu.

"Program KIP Kuliah 2024 bukan hanya sekedar program bantuan sosial yang memberikan bantuan uang kepada penerima, tapi merupakan sebuah program investasi bangsa melalui peningkatan akses bagi mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin," kata dia dalam keterangannya, Selasa (13/2/2024).

Penanggung Jawab Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Muni Ika mengatakan hal yang sama.

Menurut dia, KIP Kuliah 2024 membuka kesempatan besar bagi siswa yang masuk kategori miskin, meski sebelumnya tak memiliki KIP sekolah dan hanya terdaftar di Program Indonesia Pintar (PIP).

Perlu diketahui, KIP diberikan kepada peserta didik penerima PIP yang berasal dari hasil pemadanan dapodik dengan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos. Sedangkan dana PIP diberikan kepada seluruh penerima PIP yang ditetapkan.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2024 Sudah Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftar

Muni mengatakan, ada beberapa kategori lain yang menjadi syarat penerima prioritas KIP Kuliah 2024.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com